GOWES

Selasa, 30 November 2010 | 09:55 WIB

Apa Itu Sepeda BMX?

Augusta B. Sirait
Apa Itu Sepeda BMX?
Foto: Istimewa

INILAH.COM, Jakarta-Sepeda BMX adalah jenis sepeda yang populer digunakan dalam atraksi ekstrem yang memacu adrenalin dan mengundang decak kagum penonton. BMX bahkan sering dipertandingkan di kejuaraan olahraga ekstrim dunia.

"Saya sangat senang bisa bertatap muka dengan mereka dan bisa mempertontonkan keahlian saya di atas BMX," ujar Chad Kagy, atlit BMX dari Amerika Serikat (AS) yang beraksi di depan 20.000 tentara AS yang bertugas di Irak dan Kuwait tahun lalu.
BMX bahkan dijadikan sebagai sarana hiburan di Amerika Serikat (AS).

Para bikers membawa sepeda mungilnya melompat-lompat di atas balok, meloncati batu atau penghalang lain, atau menirukan kuda jantan yang beraksi mengangkat kaki depan.

BMX adalah kependekan dari Bicycle Moto-Cross, jenis sepeda mungil dengan desain khas; kecil, ringan, dan lincah. Popularitasnya tidak surut dengan kehadiran sepeda jenis lain, seperti MTB (Mountain Bike) yang diciptakan oleh kelompok clunker atau cruiser di kawasan Marin County, California.

Memang, dibandingkan MTB, performance BMX dinilai kalah untuk menempuh jarak jauh atau menjelajah medan berkontur. Namun, masalah manuver log jump, BMX tetap tak ada tandingannya.

Di tangan seorang bikers andal, BMX mampu bergerak lincah memainkan atraksi-atraksi ekstrem seperti gerakan street jump, backflip, for flip, dan sebagainya. Bahkan, tak jarang kita menyaksikan sepeda melompat bebas, melayang di udara tak ubahnya atlet loncat tinggi.

Atraksi semacam ini disebut dengan istilah gerakan high air. Data rekor MURI 2007 mencatat lompatan tertinggi sepeda BMX mencapai 3,7 meter dari permukaan papan, yang diperagakan oleh Erman, bikers asal Cianjur.

Sementara itu, atraksi backflip adalah sebuah atraksi berputar 360 derajat dengan arah vertikal yang sangat memukau. Jose Yanez menemukan trik menakjubkan ini pada 1984.

Diperlukan keahlian dan keterampilan khusus untuk memainkan backflip. Salah-salah, akan sangat fatal akibatnya. Jika putaran tidak sempurna, akan sangat membahayakan muka atau punggung bikers.

Jenis atraksi sepeda yang tak kalah populer adalah atraksi down hill.Bikers berlomba melintasi trek menuruni bukit dengan kontur yang tidak rata. Mereka tidak hanya beradu kecepatan, tetapi juga kelihaian mengendalikan sepeda.

Di Indonesia, komunitas BMX berdiri pada April 2001. Komunitas BMX tersebut adalah Asosiasi BMX Indonesia (ABI). Komunitas ini dapat dikunjungi di situs resminya, yaitu www.asosiasibmx.com.

#sepeda #bmx #abi #seli #gowes #mtb #fixie
BERITA TERKAIT
Mourinho Pastikan Shaw Main Lawan Young Boys
API Pasang Target Ekspor Tinggi, Airlangga: Bagus
Tidak Ada Derita Atas Nama Cinta
Risiko Kelaparan Ancam 5 Juta Anak di Yaman
Sistem Kesehatan Hewan Indonesia Terbaik se Asia
BUMN dalam Naungan Prabowo-Sandi
Jadwal Matchday 1 Grup E - H Liga Champions

ke atas