LIFE STYLE

Jumat, 22 April 2011 | 13:46 WIB

Warga Cianjur Juga Bisa Melahirkan Gratis

Benny Bastiandy
Warga Cianjur Juga Bisa Melahirkan Gratis
ist
INILAH.COM, Cianjur - Tahun ini, masyarakat Cianjur yang akan melahirkan tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis, menyusul teralokasikannya program Jaminan Persalinan (Jampersal) dari pemerintah pusat sebesar Rp8,6 miliar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

Masyarakat hanya membutuhkan tanda pengenal untuk dapat dilayani gratis di rumah sakit kelas III milik pemerintah atau rumah sakit swasta, termasuk di bidan, mitra Dinas Kesehatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Adjat Sudrajat memaparkan, program tersebut diharapkan bisa menekan angka kematian ibu melahirkan yang menjadi parameter program Millennium Development Goals (MDGs).
Program Jampersal sendiri sudah berlangsung sejak awal April 2011. "Semua biaya dan proses persalinan sudah ditanggung pemerintah," kata Adjat.


Keberhasilan program tersebut tidak terlepas dari peran aktif para petugas persalinan, bidan, dokter ahli kandungan swasta maupun mitra pemerintah. Untuk optimalisasi atas program tersebut di tingkat puskesmas, Dinkes Kabupaten Cianjur saat ini telah menerapkan sistem pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) dan PONEK.

"Sejumlah puskesmas saat ini sudah dilengkapi dan bisa melayani proses persalinan tersebut," ungkap Adjat.

Pihaknya pun mengajak masyarakat memanfaatkan program tersebut sebaik-baiknya, karena program itu sejatinya merupakan hak warga masyarakat, terutama yang memiliki keterbatasan dari segi ekonomi atau kemapanan.

"Selama proses persalinan dilakukan pada fasilitas kesehatan milik pemerintah, Insya Allah gratis dengan adanya program tersebut," pungkasnya. [gin]
#melahirkan #jampersal #rs cianjur
BERITA TERKAIT
Morgan Oey Belajar Bersabar Hadapi Anak-anak
Respon Tomy Winata Soal Dukung ke Gatot di 2019
Bermain Game dengan Gunakan Sinar Laser
Uniknya Emas Motif Batik untuk Koleksi & Investasi
DPT di Pilkada Purwakarta Sebanyak 656.265
Puti Ziarah ke Makam RA Kartini
Cara Mengekstrak Emas dari Pasir

ke atas