EKONOMI

Kamis, 02 Juni 2011 | 09:46 WIB

Pemprov Bangun Jalur KA Cibungur-Tanjungrasa

Dery Fitriadi Ginanjar
Pemprov Bangun Jalur KA Cibungur-Tanjungrasa
Pemprov Jabar bekerjasama dengan PT KAI melakukan pemantapan rencana pembangunan jalur kereta api dari Cibungur sampai Tanjungrasa Kabupaten Purwakarta.


INILAH.COM, Bandung - Pemprov Jabar bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan pemantapan rencana pembangunan jalur kereta api dari Cibungur sampai Tanjungrasa Kabupaten Purwakarta. Jalur tersebut akan memperpendek jarak tempuh kereta api jalur Pantura dari dan menuju Kota Bandung.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat Deny Juanda Puradimadja menjelaskan, pihaknya sedang mengupayakan percepatan pembangunan jalur kereta api Cibungur. Pembangunan jalur itu akan memotong jalur kereta api arah dari dan menuju Kota Bandung.


"Selama ini, kalau kita mau ke Cirebon dari Bandung, pasti harus melalui Cikampek dulu, lalu mundur kemudian baru bisa jalan. Sekarang kalau ada jalur ini, bisa langsung dari Purwakarta," kata Deny kepada wartawan di Kota Bandung, Kamis (2/6/2011).

Menurut Deny, jalur Cibungur-Tanjungrasa sepanjang 7 km itu telah melalui perencanaan matang. Saat ini, Pemprov Jabar dan PT KAI masih berkoordinasi dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jawa Barat dan pengusaha batubara.

"Pembangunan jalan kereta api ini jangan sampai merugikan pengusaha angkutan. Makanya kita terus koordinasikan dengan elemen terkait, seperti Organda dan pengusaha batubara," jelasnya. [gin]
#pemprov jabar #kereta api
BERITA TERKAIT
Inilah Janji Menkeu Sri Jaga Pertumbuhan 2017
Menkop Puspayoga Tinjau Bazar Hari Ibu
Tingkat Kepuasan 85%, Garuda Dicintai Konsumen
Jonan Bentuk Tim Formulasi Harga Energi Terbarukan
Inilah yang Bikin Gundah Menkeu Mulyani
Setoran Pajak Seret, Defisit Masih Aman
Cuekin Tax Amnesty, Menkeu Sri Sindir Bankir

ke atas