KARIKATUR

Minggu, 10 Juli 2011 | 07:11 WIB

Prestasi Kotak di AMI Awards 2011

Alung
Prestasi Kotak di AMI Awards 2011
KOTAK Band inilah.com/Danu

INILAH.COM, Jakarta - Tahun 2011 ini memang boleh dibilang tahunnya Kotak. Band yang populer dengan single Masih Cinta ini beberapa kali mendapatkan penghargaan bergengsi.

Dan terakhir, Kotak mendapatkan empat penghargaan di ajang AMI Awards ke-14 yang baru saja selesai (6/7). Untuk rencana kedepannya, Kotak tengah menggarap album untuk soundtrack film Tendangan Dari Langit.

"Kami akan rilis album repackage untuk soundtrack film Tendangan Dari Langit. Ada empat lagu baru, dan sisanya lagu lama dari tiga album kami," kata Cella.

Kotak adalah band beraliran pop-rock yang terbentuk dari ajang Dream Band pada 2004 yang saat ini digawangi oleh Tantri (vokal) Chua (bas) dan Cella (gitar).

Kotak terbentuk tanggal 27 September 2004 dalam acara The Dream Band.Berawal dari ajang Dream Band tahun 2004 silam, Kotak lahir dibidani salah seorang personel Kahitna, Doddy, yang bertindak sebagai produser.

Saat itu, Doddy melakukan audisi untuk membentuk format band baru di Indonesia yang terdiri atas drummer, gitaris, bassist, dan vokalis.

Audisi itu cukup mendapatkan respons dari musisi remaja yang ingin mencoba peruntungannya di industri musik. Sebanyak 400 orang vokalis, 170 bassist, ratusan gitaris, dan ratusan drummer menjejali tempat audisi. Setelah melakukan audisi dengan mempertimbangkan berbagai format penilaian, terpilihlah dua vokalis, dua bassist, tiga gitaris, dan dua drummer.

Musisi muda terpilih itu kemudian diramu lagi menjadi dua band yaitu Kotak yang personelnya empat orang dan "Lima" yang personelnya lima orang.

Nama Kotak memiliki arti empat sisi dan empat sudut yang bersatu menjadi bangunan kotak. Hal itu menggambarkan tentang empat orang yang berbeda tetapi bersatu dalam satu wadah musik.

Tidak hanya di bidang penjualan, berbagai trofi pun berhasil diraih grup band ini di berbagai ajang penghargaan musik.

Pada Anugerah Musik Indonesia ke-12, mereka meraih penghargaan untuk kategori Solo/Duo/Grup Rock Terbaik.

Album mereka Kotak Kedua juga diganjar penghargaan kategori Album Rock Terbaik.

Mereka juga sukses menyabet kategori Grup/Duo Pendatang Baru Terbaik versi Anugerah Planet Musik (APM) 2009.

Terakhir MTV Indonesia Awards menobatkan mereka sebagai Most Favourite Breakhtrought Artist 2009.

Meskipun sukses berada di posisi saat ini, personel Kotak berharap bahwa hal itu belum merupakan puncak dari perjalanan mereka.

Masih banyak mimpi yang ingin mereka raih untuk tetap eksis di industri musik. Setidaknya mereka kini telah melewati loncatan pertama mereka dari dream band menuju real band? [mor]

#kotak
BERITA TERKAIT
Ciptakan Suasana Kerja Seru di Coworking Space
Cari Kijing, Radit Tewas Tenggelam
PSMS Diminta Tetap Membumi
ASUS Luncurkan ZenBook Pro 15 UX580 di Indonesia
Menteri Pertahanan Israel Mundur
Ratusan Ribu Butir Narkoba di Kediri Dibakar
PM Baru Sri Lanka Digulingkan

ke atas