POLITIK DAN PEMERINTAHAN

Minggu, 10 Juli 2011 | 12:16 WIB

Penyu Hijau Pantai Batuhiu Ciamis Terancam Punah

Andriansyah
Penyu Hijau Pantai Batuhiu Ciamis Terancam Punah
Keberadaan penyu hijau di kawasan Pantai Batuhiu, Parigi Kabupaten Ciamis, terancam punah. Foto :Istimewa

INILAH.COM, Ciamis - Keberadaan penyu hijau di kawasan Pantai Batuhiu, Parigi Kabupaten Ciamis, terancam punah.
Indikasi kepunahan tersbeut terlihat dari semakin jarangnya ditemukan tempat perdaratan atau bertelur penyu laut. Hal tersebut tak lepas
Anggota Kelompok Peternak Binatang Laut (KPBL) Batuhiu Didin mengatakan, tahun ini tidak terlalu banyak penyu yang mendarat dan bertelur di Pantai Batuhiu. Karena itu, KPBL pun tidak banyak menemukan telur yang bisa ditetaskan.
Kami hanya mendapatkan dari satu tempat, berarti hanya ada satu ekor penyu hijau yang mendarat dan bertelur di sini (Batuhiu), kata Didin kepada INILAH.COM, Minggu (10/7/2011)

Biasanya, lanjut dia, ada 3-5 titik penemuan telur penyu. Didin menduga jarangnya pendaratan penyu tersbeut karena ada uji coba peledakan di wilayah perairan Garut yang memengaruhi habitat penyu.
Sekalipun telur-telur penyu tersebut dibiarkan di alam terbuka, kata dia, dari ratusan telor yang dihasilkan, paling hanya belasan saja yang menetas dan kembali ke laut.
Dari jumlah itu pun belum tentu bisa berkembang hingga dewasa karena banyaknya predator yang mengintai. Selain pemangsa alamiah seperti kepiting, biyawak, anjing dan tikus pantai, hiu dan jenis ikan pemangsa lainnya, perburuan oleh warga juga mengakibatkan populasi penyu semakin menurun.
Kami sangat prihatin dengan populasi penyu saat ini yang semakin langka. Karena itu, kami berusaha sebisa mungkin mengamankan telur-telur penyu, sebelum musnah, ungkapnya.[den]

#penyu #penyu hijau #batuhiu #pangandaran #ciamis
BERITA TERKAIT
Panglima TNI Ajak Prajurit Tuntaskan Karhutla
(Kualifikasi Piala Asia U-16) Indonesia Hantam Filipina 4-0
Penemuan Terbaru Ungkap Sebab Punahnya Dinosaurus
Benarkah Terjadi Gerhana saat Kematian Anak Rasul?
Away ke Bandung, Semen Padang Tanpa Irsyad
Tolak Revisi UU KPK, Mahasiswa di Jombang Dibekuk
Fuad Amin Meninggal, Sejumlah Pejabat Melayat

kembali ke atas