POLITIK DAN PEMERINTAHAN

Jumat, 16 September 2011 | 20:45 WIB

Aktivitas Papandayan Naik, Status Tetap Siaga

Ageng Rustandi
Aktivitas Papandayan Naik, Status Tetap Siaga
Aktivitas vulkanik Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut terus memperlihatkan peningkatan, namun statusnya belum ditingkatkan, masih tetap Siaga, Inilah.com/Aep Hendi


INILAH.COM, Bandung - Aktivitas vulkanik Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut terus memperlihatkan peningkatan, namun statusnya belum ditingkatkan, masih tetap Siaga,

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api wilayah Barat Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Agus Budiyanto menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir frekuensi gempa vulkanik di Papandayan telah melebihi hampir tiga kali lipat dibanding pada 2002 silam.

"Meski demikian, status Gunung Papandayan tetap masih dalam status siaga, belum ada peningkatan status," ujar Agus saat ditemui wartawan di Gedung Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jumat (16/9/2011).


Dalam catatan PVMGB, dalam enam jam terakhir hingga pukul 13.00 WIB, Jumat (16/9/2011), telah terjadi sebanyak empat kali gempa vulkanik dangkal. Sebelumnya, aktivitas gempa vulkanik secara periodik per enam jam masih fluktuatif naik-turun.

"Tapi jika ditotal dalam perhari, frekuensinya lebih tinggi dibanding aktivitas gempa vulkanik pada 2002 lalu," tuturnya.

Hal ini, lanjutnya, memperlihatkan energi yang dimiliki Papandayan pada saat ini, lebih tinggi sekitar 3 kali lipat dibanding 2002. Meski demikian, pihaknya belum bisa memprediksi ke arah mana peningkatan gempa vulkanik yang terjadi saat ini.

"Kita masih terus meneliti dan mengamati apa yang membuat aktivitas gempa vulkanik Gunung Papandayan terus meningkat. Dan itu tugas kita, menerjemahkan bahasa gunung api ke dalam bahasa yang bisa dimengerti," tegasnya.[den]
#gunung #gunung papandayan #bvmbg
BERITA TERKAIT
Hanura Usung Artis David Chalik di Pilkada
Gelar Raker, Fraksi PKB Konsolidasi Internal
HNW Dorong Pemerintah Lobi Tambah Kuota Haji
(Djarum Trees For Life) Barasuara Hijaukan Candi Prambanan dengan Trembesi
Pakaian 'Pintar' Akan Diproduksi Massal
Revisi Tarif Interkoneksi Disambut Positif
(Rokok Mustahil di atas Rp 50 Ribu) Kabinet Kerja Banyak Bikin Turbulensi

ke atas