PENDIDIKAN

Selasa, 31 Januari 2012 | 14:59 WIB

1.798 Guru di Sumedang Ikuti Proses Sertifikasi

Vera Suciati
1.798 Guru di Sumedang Ikuti Proses Sertifikasi
Sebanyak 1.798 guru di Sumedang akan mengikuti kegiatan Pelatihan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) untuk proses sertifikasi. istimewa


INILAH.COM, Sumedang - Sebanyak 1.798 guru di Sumedang akan mengikuti kegiatan Pelatihan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) untuk proses sertifikasi.

Jumlah peserta tersebut merupakan jumlah kuota yang diberikan Kemendikbud dalam proses sertifikasi bagi guru-guru di Kabupaten Sumedang.

Pada 2012 ini, Sumedang mendapatkan kuota 1.798 guru untuk mengikuti proses sertifikasi melalui PLPG, dan diharapkan semuanya bisa lulus, kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Feddy Fadilah, Selasa (31/1/2012).


Jika tidak lulus, hal itu sangat disayangkan Feddy karena guru tersebut harus mengulang tahun depan. Sementara jika ada sejumlah guru yang tidak lulus, tidak dapat digantikan kuotanya oleh guru lain. Oleh karenanya, sebelum mengikuti PLPG, Disdik akan memberlakukan seleksi guru yang akan mengikuti PLPG.

Jadi ketika mengikuti PLPG sudah mempunyai kemampuan tertentu yang didapat dari hasil seleksi pra-PLPG tersebut, kata Feddy.

Sejak diberlakukannya PLPG untuk proses sertifikasi guru, kuota peserta sertifikasi ini selalu naik. Pada 2011 lalu kuotanya 1.206 orang guru namun ada yang tidak lulus sebanyak 72 orang. Pada 2012 kuotanya bertambah menjadi 1798 orang.

PLPG adalah salah satu tahapan dalam proses sertifikasi guru. PLPG diberlakukan sejak 2010. Sebelumnya, sertifikasi guru dilakukan melalui penyerahan portofolio guru berisikan kegiatan, pelatihan, atau seminar yang telah diikuti guru dibuktikan dengan sertifikat atau piagam. Namun sejak dua tahun lalu, mekanisme portofolio dihapuskan diganti dengan PLPG.[jul]
#sumedang #guru #sertifikasi
BERITA TERKAIT
(Gempa Bumi 6,5 SR) PLN Sebut Trafo dan Jaringan Rusak di Aceh
BMKG Catat 25 Kali Gempa Susulan di Aceh
ATM Bersama Layani E-Commerce Banking
Ini Reaksi Jessica Jelang Proses Banding
Apa Pilihan ECB, Inflasi Apa Pembelian Aset?
Hadapi Dortmund, Madrid Tak Bisa Turunkan Trio BBC
BC Jambi Musnahkan Jutaan Rokok dan Miras Ilegal

ke atas