PENDIDIKAN

Selasa, 31 Januari 2012 | 16:44 WIB

Pertumbuhan SMK di Sumedang Tinggi

Vera Suciati
Pertumbuhan SMK di Sumedang Tinggi
Semakin tingginya animo masyarakat, membuat tingkat pertumbuhan USB pada SMK di Sumedang cukup tinggi dibandingkan dengan SMU. istimewa
INILAH.COM, Sumedang - Semakin tingginya animo masyarakat, membuat tingkat pertumbuhan unit sekolah baru (USB) pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sumedang cukup tinggi dibandingkan dengan Sekolah Menengah Umum (SMU).

Setiap tahunnya, sekitar 7-10 USB SMK baru berdiri di Kabupaten Sumedang.

Pertumbuhan SMK sebagai USB cukup tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan SMA. Hal ini karena animo masyarakat terhadap SMK semakin tinggi, kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Yuyun Bachtiar, Selasa (31/1/2012).


Pada 2010, katanya, ada 5 unit SMK negeri dan 36 unit SMK swasta. Pada 2011 bertambah menjadi 6 SMK negeri dan 47 SMK swasta. Berselang satu tahun, ada 12 SMK baru di Sumedang, kata Yuyun.

Sebagian besar keahlian yang dibuka, masih seputar tehnik yaitu otomotif dan elektronika. Keahlian lainnya, adalah di bidang pariwisata dan tata boga.

Sementara itu, teknik informatika, diakui Yuyun masih minim karena terkendala dengan pengadaan sarana dan prasarana yang cukup mahal jika dibandingkan dengan teknik keahlian lainnya. Ada juga teknik keahlian kehutanan, pertanian, perikanan, dan farmasi.[jul]
#sumedang #sekolah kejuruan #smk
BERITA TERKAIT
KSPSI Dukung Jokowi di Pilpres 2019
Hitachi Dorong Peran Pemerintah Menuju Smart City
The Next Boy/Girl Band Hadir Kembali di GTV
Ibas Ajak Warga Trenggalek Jaga Kerukunan
Kedubes AS di Montenegro Dilempar Granat
DPR Dorong Pemerintah Kembangkan Wisata Goa Ngerit
Taksi Udara Beroperasi dalam 5-10 Tahun Mendatang

ke atas