EKONOMI

Kamis, 22 Maret 2012 | 05:00 WIB

Mafia Kendalikan Illegal Logging di Indonesia

Mafia Kendalikan Illegal Logging di Indonesia
IST


INILAH.COM, Jakarta Bank Dunia mengungkapkan praktik pembalakan liar (illegal logging) di Indonesia dijalankan oleh mafia. Dari pembalakan liar itu, organisasi kejahatan tersebut mengalirkan sebagian keuntungannya kepada pejabat pemerintah yang korup.

Hal itu terungkap dari laporan analisis Bank Dunia terbaru, bertajuk Justice for Forests: Improving Criminal Justice Efforts to Combat Illegal Logging yang dipublikasikan Rabu, (21/3/2012). Selain Indonesia, praktik seperti itu terjadi di banyak negara, termasuk beberapa negara di Afrika Barat.


Disebutkan, praktik illegal logging di seluruh dunia menghasilkan uang sekitar US$10 miliar hingga US$15 miliar. Untuk mencegahnya, Bank Dunia menyarankan untuk menyeret para pembalak liar itu ke pengadilan. Cara seperti ini sudah berhasil diterapkan di sejumlah negara.

Para analis memperkirakan, luas hutan yang yang dibabat setiap detik mencapai seluas lapangan sepak bola. Kita harus memerangi kejahatan terorganisasi dalam pembalakan liar seperti yang telah dilakukan terhadap pedagang narkotika, ujar Jean Pesme, manajer tim Financial Market Integrity Bank Dunia.

Namun demikian, pelaku pembalakan liar ini banyak yang berkeliaran bebas tanpa terjerat hukum. Berdasarkan studi di Meksiko, Brasilia, Filipina, dan Indonesia, hanya kurang dari 0,082 persen yang bisa dihukum. [tjs]
#illegallogging #logging #pembalakan liar #bank dunia
BERITA TERKAIT
Rachmat Gobel Merapat Lagi di Kemendag
Banggar Setujui Postur Sementara RAPBN 2017
Pemerintah Jual ORI013 dengan Kupon 6,6%
Menkeu Janji Dana Pengganti DAU Cair Januari 2017
Menkeu Gunakan Dana Cadangan Rp40,2 T di 2017
Inilah Keluhan Pengusaha Sapi terhadap Kemendag
Industri Halal Incar Ekspor ke Timur Tengah

ke atas