INILAHKORAN.COM - SYIAR
twitter facebook
Kamis, 5 April 2012 | 15:02 WIB

Daftar Tunggu Haji di Depok Empat Tahun

Oleh:
Daftar Tunggu Haji di Depok Empat Tahun
Calon jamaah haji (CJH) Kota Depok yang mendaftar tahun ini, baru bisa berangkat ke tanah suci pada 2016 mendatang. - inilah.com

INILAH.COM, Depok - Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Nur Muhammad menjelaskan calon jamaah haji (CJH) Kota Depok yang mendaftar tahun ini baru bisa berangkat ke tanah suci pada 2016 mendatang.

"Banyaknya yang berminat pergi haji membuat seseorang harus menunggu empat tahun," katanya di Depok, Kamis.

Kepastian berangkat tersebut dilihat dari quota haji tahun lalu sebanyak 2.764 jamaah. Menurutnya, penambahan quota tetap ditentukan dari Provinsi Jawa Barat.

Untuk itu kata dia dirinya meminta kepada CJH untuk bersabar menunggu keberangkatan ke tanah suci.

Ia mengatakan jumlah quota jamaah haji di kota Depok berdasarkan ketentuan dari Provinsi Jawa Barat. Namun, jika terdapat keputusan tambahan quota untuk Depok bisa berubah.

Tidak bisa sekarang, daftar dan tahun ini berangkat juga. Sebab, sudah banyak yang daftar dan dihitung dengan quota baru bisa berangkat empat tahun mendatang, ujarnya.

Dikatakannya tidak ada batasan usia bagi CJH yang ingin berangkat ke tanah suci. Hanya saja, jika ada tambahan yang diutamakan adalah dari usia lanjut.

Untuk itu ia meminta pada CJH untuk mengikuti rangkaian manasik haji. Dengan rincian, di tingkat Kecamatan sebanyak 11 kali dan tingkat kota empat kali.

Kita berharap agar ketetapan quota itu sudah turun sebelum bulan Ramadhan, katanya.

Sementara itu, Sekretaris KBIH Al-Hamidiyah H Abdul Rosyid mengatakan pasrah dengan ketentuan tersebut, karena pihaknya hanya bisa menjalankan keputusan dari pemerintah.

Ia bisa memahami dengan banyaknya pendaftar dan quota yang tersedia. Menurutnya, di Kota Depok cukup ketat dan setiap tahun memberangkatkan jamaah sebanyak 1.700-an.[ito]

BERITA TERKAIT
Kembali ke atas