PASAR MODAL

Senin, 18 Juni 2012 | 19:27 WIB

Pasar Indonesia Taruh Harapan Besar pada Yunani

Agustina Melani
Pasar Indonesia Taruh Harapan Besar pada Yunani
IST


INILAH.COM, Jakarta - Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Nurhaida mengharapkan, pemilu ulang Yunani yang dimenangkan partai pro bailout dapat memberikan sentimen positif untuk perekonomian global.

"Dengan pemilu ulang Yunani dimenangkan oleh partai yang pro bailout maka diharapkan ada perbaikan dan jalan keluar permasalah untuk krisis Yunani sehingga berdampak positif terhadap ekonomi global dan indonesia. Hal itu dikarenakan Indonesia tidak dapat dipisahkan dari perekonomian global," ujar Nurhaida, saat ditemui wartawan di acara soft launching STP di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (18/6/2012).


Adapun hasil pemilu ulang Yunani berdampak positif terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini. IHSG naik 1,10% atau naik 42,05 poin ke level 3.860.

Pemilu Yunani ini mendapat perhatian dari dunia karena menyangkut masa depan Eropa. Sebelumnya sempat dikhawatirkan kelompok sayap kiri memenangkan pemilu ini. Sebab, kelompok ini merupakan penentang bailout dan akan membawa Yunani keluar dari zona euro. Keluarnya Yunani dari zona euro dipastikan akan membawa krisis di Eropa dan dampaknya akan dirasakan dunia.

Sebaliknya, jika Partai Demokrasi Baru memenangkannya, Yunani diyakini tetap berada di zona euro dan mengikuti skenario Uni Eropa. Yakni, Yunani harus melakukan penghematan anggaran secara besar-besaran. [tjs]
#yunani #pemilu #syriza #demokrasi baru #krisis
BERITA TERKAIT
Wall Street Berakhir Memerah, Inilah Pemicunya
Bursa Eropa Terbebani di Akhir Pekan
PDB AS Kuartal I Mengecewakan
PT Dharma Satya Catat Kenaikan Penjualan 62%
Wall Street Tunggu Dampak Komentar Trump
Rupiah Jumat Sore Terkoreksi Turun ke Rp13.314
Kali Ini BHIT Catat Laba Bersih Rp847,9 M

ke atas