PIALA EROPA
twitter facebook
Selasa, 3 Juli 2012 | 16:17 WIB

"Tak Ada yang Sanggup Mengalahkan Spanyol"

Oleh: Farid Kusuma
"Tak Ada yang Sanggup Mengalahkan Spanyol"
Diego Maradona - zimbio


INILAH.COM, Dubai - Legenda sepak bola dunia asal Argentina, Diego Armando Maradona, mengeluarkan sebuah pernyataan terkait keberhasilan Timnas Spanyol di ajang Piala Eropa 2012.

Melalui kolomnya di harian Times of India, seperti dinukil Goal, Maradona dengan tegas menyatakan bahwa tak ada satu pun tim di dunia yang mampu mengalahkan 'Tim Matador' untuk saat ini.

"Tak ada (tim) dengan pemain hebat yang mampu mengalahkan Spanyol. Cristiano Ronaldo telah mencoba bersama Portugal dan Spanyol berhasil mengatasinya. Andrea Pirlo pun melakukan percobaan, namun dibalas dengan empat buah gol," tegas si pencetak gol 'Tangan Tuhan'.

Pria berusia 51 tahun yang telah mempersembahkan Piala Dunia 1986 bagi Argentina itu pun memiliki pengamatan yang cukup detail pada penampilan 'La Furia Roja' di ajang empat tahunan Benua Eropa yang telah berlangsung di Polandia dan Ukraina.

"Spanyol mencetak 12 gol dan hanya kemasukan satu. Penjaga gawang mereka, Iker Casillas, Alvaro Arbeloa, Gerard Pique, Sergio Ramos dan Jordi Alba adalah pemain bertahan terhebat di dunia," sambung Maradona.

"Ini adalah generasi luar biasa yang dimiliki Spanyol dengan Xavi, Busquets, Xabi Alonso, Andres Iniesta dan David Silva adalah pemain hebat yang menjadi mesin utama," imbuh mertua penyerang Manchester City, Sergio Aguero.

"Jika satu pemain dimatikan, masih ada lima pemain yang mampu menekan, menciptakan (peluang) dan bahkan menyelesaikan (cetak gol)," lanjutnya lagi.

"Spanyol telah melakukan revolusi terhadap sepak bola yang sebelumnya kita kenal dengan bermain tanpa striker murni dan memasang pemain bertalenta seperti Cesc Fabregas untuk membuka ruang gerak bagi para gelandang," tukas mantan pelatih 'Tim Tango' yang saat ini menangani klub Uni Emirat Arab, Al Wasl.

Tim besutan Vicente del Bosque, berhasil mengukir rekor sebagai timnas pertama yang berhasil mempertahankan gelar penguasa Eropa, setelah di final Piala Eropa 2012, Senin (2/7/12), membenamkan Italia dengan skor 4-0.

Hebatnya lagi, prestasi itu dilakukan saat masih berstatus sebagai juara dunia.

BERITA TERKAIT
Kembali ke atas