SINDIKASI
twitter facebook
Jumat, 13 Juli 2012 | 03:35 WIB

Ruas Jalan Tanjungpinang Miliki CCTV

Oleh: Haluan Kepri
Ruas Jalan Tanjungpinang Miliki CCTV
inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Tanjungpinang - Aksi kejahatan dan kecelakaan termasuk kemacetan lalu lintas di jalan raya Tanjungpinang, bakal bisa segera terdeteksi melalui penggunaan rekaman CCTV yang terhubung ke Traffic Management Centre (TMC) di Kantor Sat Lantas Mapolres Tanjungpinang.

Pengoperasian TMC dan RTMC dilakukan Kapolda Kepulauan Riau, Brigjen Pol. Yotje Mende melalui tele conference dengan jajaran Polres Tanjungpinang, Kamis (13/7/2012).

Kapolres Tanjungpinang AKBP Suhendri melalui Kasat Lantas AKP Oxy Yudha Pratesta mengatakan, TMC merupakan salah satu program Polri untuk lalulintas yang di dalamnya dilengkapi dengan suatu sistim terintegrasi dalam suatu ruangan yang dilengkapi dengan teknologi komputer, layar CCTV yang terletak di setiap simpang di berbagai wilayah Kepri seperti Batam, Tanjungpinang dan Karimun.

"Untuk wilayah Tanjungpinang saat ini baru terpasang empat CCTV di dua titik perempatan jalan, yakni kawasan jalan Ayani, Pamedan dan jalan DI Panjaitan KM 8," kata Oxy.

Diterangkan, aktiftas CCTV yang terhubung ke Pusat Pengendalian Lalu Lintas tersebut berlangsung selama 24 jam dengan lama waktu penyimpanan rekaman selama satu bulan. Artinya, setiap kejadian yang terekam di dalamnya dapat kembali dibuka dalam waktu tersebut.

"Melalui program RTMC dan TMC tersebut setidaknya dapat untuk menganalisa setiap pelanggaran dan kecelakaan lalulintas yang terjadi. Selain itu, program ini juga dapat sebagai petunjuk untuk mngungkap setiap aksi kejahatan yang terjadi di daerah ini," ungkapnya.

Dikatakan, selain pemasangan CCTV di dua titik perempatan jalan tersebut, kedepan juga akan dilakukan pemasangan CCTV di tujuh titik rawan kecelakaan lainnya di Tanjungpinang. Ketujuh titik rawan dimaksud yakni, di jalan Meredeka, kawasan jalan Pelabuhan, jalan Bakar Batu, jalan Wiratno, KM 11 jalan raya Tanjungpinang-Tanjung Uban, KM 10 jalan raya Tanjungpinang- Kijang dan beberapa titik rawan lainnya.

"Rencana ada 9 titik CCTV yang akan kita pasang di ruas jalan di daerah ini," ucapnya. [gus]

BERITA TERKAIT
Kembali ke atas