DUNIA

Rabu, 08 Agustus 2012 | 09:00 WIB

Suriah Jadi Medan Tempur Poros Iran Lawan Barat

TJS
Suriah Jadi Medan Tempur Poros Iran Lawan Barat
bbc.co.uk


INILAH.COM, Damaskus Rejim Suriah yang kini hendak ditumbangkan oleh pemberontak dukungan Barat mendapat sokongan penuh dari pemerintah Iran. Sikap Iran ini secara terang-terangan melawan Amerika Serikat dan sekutunya sekaligus memperteguh eksistensi Poros Perlawanan.

BBC melaporkan, Saeed Jalili,seorang pembantu senior Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, menyampaikan hal ini secara langsung kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam sebuah pertemuan di Damaskus, Suriah, Selasa (7/8/2012).

Dukungan Iran ini sekaligus menunjukkan keberadaan Poros Perlawanan yang menentang keberadaan Poros Barat. Poros Perlawanan yang dimaksud adalah Iran, Suriah, Hisbullah di Libanon, dan Hamas di Jalur Gaza Palestina yang mendukung pemerintah berdaulat Suriah. Sedangkan Poros Barat adalah Turki, Arab Saudi, Qatar, dan Amerika Serikat beserta sekutunya yang mendukung pemberontak.


Ini adalah konflik antara Poros Perlawanan melawan musuh-musuh di kawasan dan global, kata Jalili.

Suriah menyambut baik dukungan Iran itu. Rakyat dan pemerintah Suriah berupaya untuk melawan teroris dengan seteguh hati, ujar al-Assad sebagaimana dikutip kantor berita Suriah SANA.

Iran yang rajin mengkritik dukungan AS, Turki, Arab Saudi, dan Qatar telah mengirim Menteri Luar Negeri Ali Akbar Salehike Ankara dan mengirim surat ke Washington, menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas penculikan 48 warga Iran di Suriah. [tjs]
#suriah #assad #pemberontak #menggulingkan #iran #poros
BERITA TERKAIT
Ban Ki-moon Desak Gencatan Senjata di Aleppo
Mata Uang Iran Bakal Berubah dari Riyal Jadi Toman
Lebih dari 300 Tewas pada Serangan Udara Aleppo
Arab Saudi Hukum Mati 15 Mata-mata Iran
Turki Diam-diam Gelar Perundingan Bahas Aleppo
Kelompok ISIS Akan Ubah Pola Serangan ke Eropa
Suriah Rebut Kawasan Kunci Aleppo dari ISIS

ke atas