NASIONAL

Senin, 13 Agustus 2012 | 16:07 WIB

Muhammadiyah: Penghitungan Hisab Berikan Kepastian

Muhammadiyah: Penghitungan Hisab Berikan Kepastian
inilah.com
INILAH.COM, Jakarta - Ilmu hisab yang selama ini digunakan Muhammadiyah dalam menetapkan hari besar umat Islam seperti Idul Adha, Idul Fitri dan awal Ramadan telah memberi warga Muhammadiyah kepastian. Muhammad menetapkan Idul Fitri pada 19 Agustus 2012.

"Ibadah dalam Islam berkaitan dengan waktu sehingga masalah awal dan akhir terkait waktu dapat dipahami dan dilihat dengan ilmu," kata Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mukti, Senin (13/8/2012).


Dia mengatakan Allah SWT menciptakan matahari, bumi dan bulan yang peredarannya dapat dihitung manusia. Dan manusia dapat menetapkan hari besar keagamaan berdasarkan ilmu astronomi yang dipahaminya itu.

Abdul Mukti mengatakan, jangankan hari raya tahun ini, hari raya 10 tahun lagi juga dapat diprediksi. Bahkan orang kini tidak perlu keluar rumah untuk melihat matahari saat akan salat, karena sekarang mengacu pada ilmu yang dipelajari manusia.

Gejala gerhana matahari pun kini bisa diprediksi menggunakan ilmu yang dimiliki manusia dan ilmu yang dikuasai manusia ini hampir tidak pernah keliru memprediksi. [ant]
#muhammadiyah #lebaran
BERITA TERKAIT
Bom Tanjung Perak Meledak Senin, Baru Lapor Selasa
Andi Narogong Bantah Beri Uang ke Ganjar Pranowo
Reaksi Ganjar Soal Namanya Hilang di Dakwaan e-KTP
(Plkada Jabar) Ridwan Kamil Harap Pasangannya Miliki Popularitas
Pembuat Bom di Tanjung Perak Masih Pemula
Ledakan Paket di Surabaya, Polri: Bukan Bahan Bom
OSO Klaim Naikkan Elektabilitas Hanura

ke atas