OLAHRAGA

Sabtu, 13 Oktober 2012 | 19:09 WIB
(Kejuaraan Catur Indonesia Terbuka 2012)

Pecatur Amatir Indonesia Kalahkan GM Inggris

Irvan Ali Fauzi
Pecatur Amatir Indonesia Kalahkan GM Inggris


INILAH.COM, Jakarta - Pecatur asal Indonesia, FM Pitra Andika (2340) membuat kejutan di babak kedua Kejuaraan Catur Indonesia Terbuka (IOCC) 2012 dengan mengalahkan pecatur asal Inggris GM Stephen Gordon.

Pitra mengalahkan Gordon yang merupakan unggulan ke 17 di turnamen ini. Kemenangan pecatur asal Medan ini terbilang mengejutkan. Karena Pitra bukan seorang atlet yang terbilang serius menggeluti catur.

Pecatur berusia 27 tahun ini pun tetap rendah hati dengan hasil tersebut dan tak ingin menganggap kemenangan ini sebagai kebanggaan.

"Saya tetap akan bermain seperti biasa karena ini turnamen yang sulit jadi saya tak boleh tinggi hati. Saya juga awalnya di babak ini bisa draw dengan lawan, tapi dia membuat kesalahan dan saya memanfaatkan hal itu. Akhirnya saya menang," ujar Pitra, Sabtu (13/10/2012).

Pitra mendapat norma International Master (IM) pertama di Universiade 2010, berharap mendapatkan norma yang kedua di IIOC 2012.


"Saya ingin mengejar norma kedua di IOCC, tapi saya juga tahu bahwa turnamen ini sangat berat karena levelnya tinggi.

"Saya harus melawan 4 negara dan paling tidak meraih poin 4,5 sampai 5 poin dari turnamen sembilan babak ini," tuturnya tetap optimis.

Juara Kejurda Junior 2000, juara blitz 2010, dan juara nasional mahasiswa 2011 ini mengaku menjadi seorang pecatur dengan belajar secara otodidak dari buku. Setelah kejuaraan ini dia berpikir untuk seirus mencurahkan diri di bidang catur karena selama ini waktunya tercurah untuk hal lain.

Meski begitu dia menolak disebut sebagai rising star.

"Sepertinya rising star masih belum layak saya terima sebutan itu karena masih banyak teman-teman lain yang lebih pantas. Mereka masih lebih bagus," tuturnya merendah.
#pitra #andika #catur
BERITA TERKAIT
Djokovic dan Becker Pisah Jalan
Puan: Persiapan Asian Games 2018 Sesuai Jadwal
Kawhi Leonard Bawa Spurs Perpanjang Rekor Tandang
Valentino Rossi Ungkap Favorit Juara MotoGP 2017
Mercedes Enggan Beri Hamilton Sanksi
Thunder Menang, Westbrook Dekati Rekor Jordan
GP Prancis Kembali Hadir di F1 2018

ke atas