POLITIK DAN PEMERINTAHAN

Kamis, 18 Oktober 2012 | 14:17 WIB

Pemkab Bogor Segera Miliki BUMD Pariwisata

Dian Prima
Pemkab Bogor Segera Miliki BUMD Pariwisata
istimewa


INILAH, Bogor Tak lama lagi, Pemkab Bogor bakal membuat badan usaha milik daerah (BUMD) baru. Badan usaha tersebut akan bergerak di bidang pariwisata, di mana bertugas mengelola potensi pariwisata yang ada di Kab. Bogor.

BUMD ini menjadi BUMD keempat yang dimiliki Pemkab Bogor setelah PD Pasar Tohaga Jaya, PDAM Tirta Kahuripan dan PD Prayoga Pertambangan dan Energi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kab. Bogor, Rudi Gunawan mengatakan, usulan draft raperda BUMD Pariwisata sudah selesai dibuat. Kini tinggal melakukan kajian ekonomis, setelah itu langsung diusulkan untuk digodok menjadi perda oleh Pansus di DPRD Kab. Bogor.

"Draft raperda sudah kita susun termasuk administrasi dan kajian teknisnya. Kita tinggal melakukan kajian ekonomis sebelum draft kita ajukan ke DPRD untuk digodok menjadi perda," ujar Rudi, Kamis (18/10/2012).


Dengan kehadiran BUMD pariwisata ini, nantinya pengelolaan aset pariwisata milik Pemkab Bogor akan dikelola secara profesional. Sedangkan kehadiran Disbupar sendiri hanya sebatas pengawasan administrasi.

"Untuk pengembangan dan pengalian potensi sehingga obyek wisata tersebut mampu menarik minat masyarakat, BUMD inilah yang akan mengembangkan dan mengelolanya. Jadi tidak akan ada gesekan antara BUMD dengan dinas," paparnya.

Selama ini, peran dari disbupar terkesan lebih mengurusi sisi administrasi pariwisata di Kab. Bogor. Sedangkan upaya dan penggalian potensi pariwisata kurang. Padahal potensi pariwisata di Kab. Bogor memiliki potensi besar menggali PAD.

"Nanti untuk urusan inovasi dan pengembangan pariwisata akan dilakukan oleh BUMD, sehingga pemikiran kreatif memanfaatkan potensi pariwisata lebih maksimal dilakukan," jelasnya.[ito]
#bogor #pariwisata
BERITA TERKAIT
Tiga Pria Swedia Siarkan Perkosaan di Facebook
DPR Pertanyakan Wacana Penyempurnaan UU Ormas
Ulang Tahun Suarez Dihadiri Wanita-wanita Cantik
Inikah Zaman itu, Zaman yang Disabdakan Rasulullah
Usai Dikartu Merah, Xhaka Diinterogasi Polisi
Keluhkan Kilang Tua, DPR Tanya Etika Pertamina
Kemendagri Deteksi Ormas yang Anti-Kebhinekaan

ke atas