DUNIA

Sabtu, 17 November 2012 | 13:07 WIB

Arab Saudi Bakal Perketat Visa Haji

Bachtiar Abdullah
Arab Saudi Bakal Perketat Visa Haji
inilah.com
INILAH.COM, Moskow --- Mulai tahun depan pemerintah Arab Saudi meminta jemaah haji dari seluruh dunia membubuhkan sidik jarinya di dalam paspor haji, ujar pejabat pemerintah Rusia yang mengurusi masalah haji Jumat (16/11/2012) di Moskow.

Ilyas Umakhanov, yang juga menjabat deputi juru bicara Dewan Federasi Rusia, mengatakan aturan ini diwajibkan karena pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk memberikan visa bagi jemaah yang pertama kali datang berhaji. Pemerintah Arab Saudi sangat memerhatikan pengamanan khusus selama musim haji.

Data base yang tersentralisir untuk jemaah haji seluruh dunia akan dibuat segera, tambah Umakhanov, seperti ditulis portal Rusia, RIA Novosti, Jumat (16/11/2012).


Sebelumnya, Rusia menerima nota resmi dari pemerintah Arab Saudi bahwa visa jemaah haji tidak bakal diluluskan jika tak dibubuhi sidik jari.

Umakhanov mengatakan, visa haji bagi jemaah asal Rusia hanya diberi jatah sebanyak 20.500 orang. Ia juga mengatakan tak paham bagaimana prosedur seharusnya untuk membubuhkan visa dengan sidik jari itu.

Khamzat Durdiyev, wakil mufti Chechnya, secara pribadi mengatakan ia mengetahui orang-orang yang pergi berhaji sebanyak 10 sampai 15 kali, bahkan ada yang sampai berulang sebanyak 20 kali. Jadi, nantinya bakal seperti ada persaingan berebut pergi haji, tambahnya. [tjs]
#haji #arab saudi #saudi #mekah
BERITA TERKAIT
Pinjaman Kingdom Holding Saudi Ditolak Kreditur
Koruptor Saudi Bebas Jika Serahkan 70% Kekayaannya
Dokumen Lebanon: Saudi Berniat Jalin Relasi Israel
Ulama Saudi: Umat Muslim Boleh Sholat di Gereja
Saudi Akan Sulit Tarik Dana Belasan Pangeran di LN
Mnangagwa Resmi Jadi Presiden Baru Zimbabwe
Tidak Ada WNI Jadi Korban Serangan Masjid di Mesir

ke atas