PENDIDIKAN

Selasa, 11 Desember 2012 | 17:29 WIB

Yayasan Korea Tampung Alumni SMAN 1 Cipeundeuy

Doni Ramdhani
Yayasan Korea Tampung Alumni SMAN 1 Cipeundeuy
Guna menyalurkan lulusannya, SMAN 1 Cipeundeuy KBB gandeng Yayasan sosial asal Korea, Bandung Vision Center (BVC). inilah.com/Doni Ramdhani


INILAH, Cipeundeuy - Guna menyalurkan lulusannya, SMAN 1 Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat (KBB) digandeng Yayasan Bandung Vision Center (BVC). Yayasan sosial asal Korea itu siap menampung tenaga kerja lulusan SMAN 1 Cipeundeuy.

Kepala SMAN 1 Cipeundeuy, Suhendiana Noor mengatakan, kerjasama mulai berjalan pada akhir November lalu. "Launchingnya sendiri dilakukan pada 19 November. Sedangkan realisasi kerjasama mulai diterapkan 26 November dengan datangnya 15 unit mesin jahit dan obras kesini," kata Suhendiana saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/12/2012).

Menurutnya, program kewirausahaan dan peningkatan life skill itu sengaja disusun pihak sekolah. Pasalnya, lulusan sekolah lanjutan tingkat atas itu minim sekali yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Lulusan dari SMAN 1 Cipeundeuy ini sedikit sekali yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Alumni yang meneruskan pendidikan itu paling hanya 10%. Sisanya, mayoritas alumni itu menganggur," jelasnya.


Terkait minimnya minat melanjutkan pendidikan itu, diakuinya tak lepas dari minimmya tingkat kesadaran orangtua. Selain itu, tingkat ekonomi masyarakat yang rendah pun memperburuk kondisi tersebut.

Suhendiana mengatakan, untuk siswa kelas XI dan XII, akan diberikan keterampilan menjahit. Selain itu, program penunjang lainnya berupa pelatihan bahasa Inggris dan Korea pun diberikan.

"Program ini kan baru mulai. Untuk gelombang pertama ini, Yayasan Bandung Vision Center akan menempatkan 70 orang untuk bekerja di perusahaan yang tersebar di Bandung Raya dan Cikarang," tegasnya.

Yayasan Bandung Vision Center sendiri merupakan yayasan yang terdiri dari 800 orang pengusaha yang kebanyakan bergerak dalam bidang garmen.[ang]
#sman 1 cipeundeuy #keterampilan siswa #yayasan kore
BERITA TERKAIT
Pertamina dan Sonatrach Kerjasama Bisnis Migas
OPEC Sepakat Harga Minyak Mentah Menguat
Final Berkuda Dihadiri Anggota Komis X DPR-RI
Anggota OPEC Sepakat Batasi Produksi Minyak
Isyana Sarasvati Merinding Raih 2 Penghargaan AMI
(Perolehan Medali PON XIX/2016) Jabar Semakin Kokoh, DKI Sama Emas Jatim
Bogor Siap Jadi 'Science Techno Park' Indonesia

ke atas