EKONOMI

Selasa, 29 Januari 2013 | 11:33 WIB

Perhutani Diimbau Kembangkan Tanaman Porang

Seno Tri Sulistiyono
Perhutani Diimbau Kembangkan Tanaman Porang
Menteri BUMN Dahlan Iskan Inilah.com/Ardhy Fernando


INILAH.COM, Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengintruksikan PT Perhutani (Persero) untuk mengembangkan tanaman porang yang merupakan tanaman untuk membuat tepung, guna mengentaskan kemiskinan.

"Ini merancang tanaman porang besar-besaran, bisa mengentaskan kemiskinan besar sekali nantinya," ujar Dahlan saat rapat bersama direksi Perhutani di gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Menurut Dahlan, tanaman porang cukup mudah ditanam seperti jahe, temulawak, yang bisa tumbuh disela-sela lahan milik Perhutani. "Bisa tumbuh dibawah hutan jati, dan ini sampingan dan hasilnya baik, karena hasilnya 10 kali lipat dari pada jahe," ujarnya.


Direktur Utama Perhutani Bambang Sukmananto mengungkapkan, investasi untuk tanaman porang perhektar sebesar Rp31 juta dan direncanakan akan ditanam di hutan milik Perhutani.

"Tahun pertama belum bisa dipanen dan bisa dipanen tahun keduanya. Investasinya berkurang setiap tahunnya, porang juga hanya sekali tanam," tutur Bambang di tempat yang sama.

Sedangkan hambatannya, tidak semua tanah bisa di tanam porang. Hanya tanah yang miring dan mengandung kalium.

"Ada sebagian tanah milik Perhutani yang bisa ditanam dan tidak bisa ditanam, tapi nanti yang tidak bisa diberikan pupuk agar bisa ditanam," ucapnya. [mel]
#perhutani #dahlan iskan #tanaman porang
BERITA TERKAIT
Harga Barang Merah sudah Mahal di Tingkat Petani
Penggugat Tax Amnesty: Kita Setuju TA, Tapi ...
DPR: Yang Penting Repatriasi, Bukan Deklarasi
Kemarau Basah bikin Petani di Lombok Galau
Lebaran Usai Harga Bapok Enggan Turun
Menteri LHK Canangkan Kabupaten Siak Hijau
Ada 15 Koperasi Ingin Jadi Penyalur KUR

ke atas