EKONOMI
twitter facebook
Rabu, 6 Februari 2013 | 16:52 WIB

Inilah Empat Daerah Rasio Elektrifikasi Terendah

Oleh: Ranto Rajagukguk
Inilah Empat Daerah Rasio Elektrifikasi Terendah
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - PT PLN (Persero) mengaku masih ada sejumlah daerah yang rasio elektrifikasinya cukup rendah, karena kondisi lokasi rumah tangga tidak tersentral dengan baik.

Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, menyampaikan, di 2012 rasio elektrifikasi rendah lebih banyak terdapat di daerah Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

"Keempat daerah tersebut akibat lokasinya tidak tersentral atau terpusat. Desa-desa atau rumah tangga berjauhan dan tidak menyatu. Ini yang menyulitkan kami untuk meningkatkan rasio elektrifikasi," tutur dia di DPR, Jakarta, Rabu (6/2/2013).

Tidak ratanya sebaran penduduk tersebut, mengakibatkan PLN perlu membuat akses infrastruktur guna membangun sejumlah proyek gardu dan mengintegrasikannya ke daerah-daerah.

"Kami pada akhirnya harus buka akses dan itu butuh waktu juga. Jika sebaran penduduknya terpusat justru membuat kami lebih mudah buat infrastrukturnya," ujarnya.

Meski begitu, Nur mengaku ada sejumlah daerah yang justru rasio elektrifikasi melebihi target asumsi awal. Menurutnya, provinsi Aceh di tahun 2012 lalu rasio elektrifikasi hingga 88%

"Aceh besar rasio elektrifikasinya. Seberan penduduknya tersentral dengan baik yang akhirnya justru memudahkan kami memasok listrik ke sana," katanya. [ast]

Berita Terkait
(Tentukan Tarif Adjustment Listrik) Nilai Tukar Jadi Pertimbangan Pemerintah
Kembali ke atas