EKONOMI

Sabtu, 09 Maret 2013 | 08:14 WIB

Permudah Distribusi, Kementan Bangun RPH Modern

Tio Sukanto
Permudah Distribusi, Kementan Bangun RPH Modern
inilah.com/Ardhy Fernando


INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah berencana membangun Rumah Potong Hewan (RPH) modern, khususnya yang ada di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Hal ini untuk memudahkan meningkatkan pasokan daging sapi bakalan dan beku, dari sentra produksi ke wilayah DKI Jakarta. Demikian disampaikan Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan saat ditemui di kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat (8/3/2013).

"Kita ingin wilayah DKI Jakarta ini terbebas dari RPH, sehingga nantinya semua kebutuhan daging sapi didatangkan dari RPH tersebut sudah dalam bentuk daging, tidak dalam bentuk sapi hidup lagi," kata Rusman.


Menurut Rusman, konsep pembangunan RPH moderen sejalan dengan program pemerintah. Tujuannya, untuk mengatur distribusi daging sapi ke Jakarta.

Sebab selama ini daging sapi dari sentra produksi terhambat masalah infrastruktur. "Kalau RPH ini sudah jalan, maka ke depannya tidak akan ada lagi angkutan sapi dari Jawa," ujar Rusman.

Selain memudahkan proses pendistribusian daging, menurut Rusman, pembebasan kawasan Jakarta dari RPH juga akan mengurangi limbah dari RPH. Selain itu, untuk kawasan RPH moderen limbah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pupuk atau sumber energi listrik. "Mudah-mudahan dalam waktu 2-3 tahun ke depan ini sudah bisa diwujudkan," ujar Rusman. [hid]
#beritadeptan #suswono
BERITA TERKAIT
Kalkulasi Menteri Rini di Harga Bawang Merah
Kementan Fokus Protein Hewani Selain Daging Sapi
Importasi Jagung Pakan, Bulog Tunggu Izin Kementan
Jokowi Siap Pecat Pejabat Gagal Kendalikan Harga
Pangkas DT, Kementan RI&Australia Pakai E-Cert
Ini Cara Kementan Mengerek Kesejahteraan Petani
Serapan Beras Perum Bulog Baru Secuil dari Target

ke atas