EKONOMI

Sabtu, 09 Maret 2013 | 08:14 WIB

Permudah Distribusi, Kementan Bangun RPH Modern

Tio Sukanto
Permudah Distribusi, Kementan Bangun RPH Modern
inilah.com/Ardhy Fernando


INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah berencana membangun Rumah Potong Hewan (RPH) modern, khususnya yang ada di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Hal ini untuk memudahkan meningkatkan pasokan daging sapi bakalan dan beku, dari sentra produksi ke wilayah DKI Jakarta. Demikian disampaikan Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan saat ditemui di kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat (8/3/2013).

"Kita ingin wilayah DKI Jakarta ini terbebas dari RPH, sehingga nantinya semua kebutuhan daging sapi didatangkan dari RPH tersebut sudah dalam bentuk daging, tidak dalam bentuk sapi hidup lagi," kata Rusman.


Menurut Rusman, konsep pembangunan RPH moderen sejalan dengan program pemerintah. Tujuannya, untuk mengatur distribusi daging sapi ke Jakarta.

Sebab selama ini daging sapi dari sentra produksi terhambat masalah infrastruktur. "Kalau RPH ini sudah jalan, maka ke depannya tidak akan ada lagi angkutan sapi dari Jawa," ujar Rusman.

Selain memudahkan proses pendistribusian daging, menurut Rusman, pembebasan kawasan Jakarta dari RPH juga akan mengurangi limbah dari RPH. Selain itu, untuk kawasan RPH moderen limbah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pupuk atau sumber energi listrik. "Mudah-mudahan dalam waktu 2-3 tahun ke depan ini sudah bisa diwujudkan," ujar Rusman. [hid]
#beritadeptan #suswono
BERITA TERKAIT
Ini Siasat Metland untuk Penetrasi Pasar
Kesepakatan RCEP Terganjal Klausul Arbitrase
(Jelang May Day 2017) Menaker Hanief Akui Gap Tinggi di Dunia Pekerja
Tertarik Hunian Murah di Serpong, Ini Syaratnya
BUMN Rugi Triliunan, Perum Bulog Juaranya
Biaya di ATM Bank Pelat Merah Harus Bisa Rp0
Di Depan Investor, Bos BI Promosikan Ekonomi RI

ke atas