INILAHKORAN.COM - LINTAS JABAR
twitter facebook
Jumat, 15 Maret 2013 | 19:35 WIB

PDIP Mulai Jaring Balon untuk Pilbup Garut

Oleh: Zainulmukhtar
PDIP Mulai Jaring Balon untuk Pilbup Garut
istimewa

INILAH, Garut - Sempat reda pasca gejolak kasus pelengseran Bupati Garut Aceng HM Fikri dan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat, suhu politik di Kabupaten Garut mulai menghangat seiring semakin dekatnya pelaksanaan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati (Pilbup) Garut, 8 September 2013.

Sejumlah partai politik mulai mengambil ancang-ancang menghadapi perebutan kursi Garut satu dan Garut dua dengan menjaring bakal calon (balon) masing-masing. Selain Partai Amanat Nasional (PAN) yang tengah menyeleksi 14 nama balon, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pun membuka pendaftaran balon Bupati dan Wakil Bupati Garut periode 2013-2018.

Hingga kini, 5 nama balon sudah mendaftar sejak pendaftaran balon dibuka pada 11 Maret lalu. Mereka yakni Yogie Yuda Wibawa (Ketua DPC PDIP Kabupaten Garut/Ketua Fraksi PDIP DPRD Garut), Dikdik Darmika (politisi PDIP mantan Wakil Ketua DPRD Garut periode 2004-2009), Uus Sumirat (Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Sunda/Bamus), Usep Jamhari, dan Marlan. Diperkirakan jumlah pendaftar akan bertambah karena masih tersisa waktu selama tiga hari sebelum masa pendaftaran balon ditutup, 17 Maret mendatang.

"Memang informasi yang kita terima, masih ada beberapa nama yang akan mendaftar. Seperti Pak Rudi Gunawan, Pak Asep Kurnia Jaya, dan Pak Memo Hermawan. Tapi yang sudah pasti, Pak Memo yang akan daftar besok (Sabtu, 16/3)," kata Ketua Panitia Pendaftaran Balon Bupati/Wakil Bupati Garut DPC PDIP Kabupaten Garut, Iip Sukasah, Jumat (15/3).

Selain itu, katanya, sejumlah PAC PDIP di kecamatan-kecamatan pun tengah menggelar rapat pleno untuk mengusung balon. "PAC juga berhak mengusulkan 2 nama. Sejauh ini, pengamatan saya, hampir 2/3 PAC di Garut suaranya ke Pak Memo," ujarnya.

Iip menuturkan, para balon yang mendaftar harus mengembalikan formulir dengan berkas-berkas yang diperlukan ke panitia pada 24 Maret untuk diverifikasi. Selanjutnya, nama-nama balon yang lolos verifikasi secara administrasi dan faktual, akan diserahkan ke DPP PDIP melalui DPW PDIP Jawa Barat.

DPW Jawa Barat akan melakukan penjaringan tahap dua untuk menghasilkan sedikitnya 4 nama. Lalu diseleksi dan disurvei DPP untuk kemudian ditetapkan satu nama sebagai kandidat Bupati/Wabup Garut yang akan diusung pada Pilbup Garut 2013.

"Nantinya dari DPP itu nama yang muncul sudah jadi pasangan," ujar Iip yang juga Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Garut itu.

Berbeda dengan PAN dan PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berencana memutuskannya calon yang akan diusung melalui Musyawarah Kerja (Muker) DPC PPP Kabupaten Garut pada April mendatang.

"Kita juga banyak jago, ya lewat Muker saja. Tapi itu tergantung dinamika politik nanti," kata Ketua DPC PPP Kabupaten Garut, Lucky Lukmansyah Trenggana.

Dari pantauan INILAH, partai politik yang memiliki keterwakilan anggota di DPRD Garut, sejauh ini baru Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang sudah memastikan diri mengusung jagonya untuk Pilbup Garut 2013. Nama balon yang diusung Partai Hanura yakni Sherli Besi (Kepala Desa Pasawahan Kecamatan Tarogong Kaler).[ang]

BERITA TERKAIT
Kembali ke atas