INILAHKORAN.COM - LINTAS JABAR
twitter facebook
Senin, 15 April 2013 | 18:11 WIB

Tahun Ini, Disnaker Terima 30 Pengaduan Soal TKI

Oleh: Zaenal Mutaqin
Tahun Ini, Disnaker Terima 30 Pengaduan Soal TKI
istimewa

INILAH, Subang - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Subang, hingga Maret 2013 telah menerima sekitar 30 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Subang yang saat ini bekerja di sejumlah negara di Timur Tengah dan Asia Tenggara, bermasalah.

Kasi Penempatan TKI pada Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Subang, Tunggul Silaban menuturkan, dari 30 kasus tersebut, sebagian besar kasusnya soal hilang komunikasi, gaji yang belum dibayarkan hingga TKI yang tidak diizinkan pulang oleh majikannya.

"Tiga hal tersebut, pengaduan yang banyak diterima kami. Termasuk pengaduan keluarga yang sanak saudaranya meninggal. Kami pun sudah berkonsultasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri agar bisa menyelesaikan masalah mereka. Bagaimanapun juga, jika masalah tersebut tidak diselesaikan, akan berpotensi besar terhadap kasus kekerasan terhadap TKI," kata Tunggul, Senin (15/4/2013).

Ia menjelaskan, terkait moratorium TKI yang diberlakukan pemerintah pun mengancam keberadaan TKI di luar negeri.

"Banyak TKI Subang yang ingin pulang ke tanah air dari tempat kerjanya di luar negeri. Tapi, kebanyakan tidak diizinkan oleh majikannya karena khawatir tidak datang kembali karena pemberlakuan moratorium. Kalaupun majikan mengizinkan pulang, harus ada penggantinya dulu," kata dia.

Ia menjelaskan, pihaknya baru mengirimkan warga Subang yang menjadi TKI sejak dua tahun terakhir. "Untuk tahun ini, hingga akhir Maret, TKI Subang yang sudah berangkat sebanyak 1.500 orang," katanya.

Ia menambahkan, pusat-pusat penyebaran TKI di Subang berada beberapa kecamatan. Seperti, di Kecamatan Pusaka Negara, Pusaka Jaya, Patok Beusi, Pamanukan dan Compreng.

"Paling besar di Pusaka Jaya. Dari beberapa kecamatan tersebut, selama dua tahun terakhir, tercatat 400-500 orang per tahun," tambahnya.

Terkait pengiriman uang TKI asal Subang, Manajer Pelayanan Kantor Pos Subang, Ika Mustikasari mengatakan, uang yang dikirimkan TKI asal Subang melalui kantor pos pada tahun 2012, mencapai Rp260 miliar.

"Nilai itu tercatat dalam 40.107 kali dan pengiriman rata-rata dilakukan setiap bulan, ada juga yang mencapai 2-3 kali dalam sebulan," pungkasnya.[ang]

BERITA TERKAIT
Kembali ke atas