NASIONAL

Jumat, 03 Mei 2013 | 14:49 WIB

Salah Ketik, MA akan Sidak Jajarannya di Daerah

Fadhly Dzikry
Salah Ketik, MA akan Sidak Jajarannya di Daerah
Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali IST


INILAH.COM, Jakarta - Mahkamah Agung (MA) berencana melakukan inspeksi ke daerah untuk memperbaiki dan mengurangi kesalahan pengetikan dalam suatu perkara.

"Tetapi kalau ada salah pengetikan, walau ini tidak membatalkan putusan, tetapi ini jangan terajdi lagi untuk masa mendatang. Oleh karena itu kami akan mengunjungi semua satuan kerja MA yang ada di daerah-daerah," ujar Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali di MA Jakarta Pusat, Jumat (3/4/2013).


Hatta menjelaskan yang akan menjadi bahan dalam inspeksi tersebut mengenai perihal ketelitian dalam membaca dan mengetik surat, karena akibat dari kesalahan ketik akan menambah masalah bagi seorang terpidana bahkan bisa menghalangi proses pengeksekusian.

"Salah satu materinya yaitu supaya putusan dibaca baik-baik, jangan ada yang salah ketik, salah identitas, dan sebagainya, karena kesalahan-kesalahan kecil seperti itu menjadi besar bagi seorang terpidana, supaya tidak dilaksanakan eksekusi, sehingga kita harus mewaspadai," ucapnya.

Sebelumnya, kasus pengeksekusian Susno Duadji terhalang akibat adanya kesalahan ketik pada surat keputusan eksekusi Susno. Fredrich Yunadi, pengacara Susno mengatakan majelis hakim Pengadilan Tinggi menerima permintaan banding Susno dengan mengubah putusan PN Jaksel No 1288/pid.B/2010/PN Jakarta Selatan. Namun putusan PN Jaksel terhadap Susno bernomor 1260/pid.B/2010/PN Jakarta Selatan. [mvi]
#susno duadji #eksekusi #kasasi #mahkamah agung #ma #sa
BERITA TERKAIT
DPR Pertanyakan Wacana Penyempurnaan UU Ormas
Kemendagri Deteksi Ormas yang Anti-Kebhinekaan
Parpol Mati Gaya di Karut Marut Sosial Politik
Kemendagri Akui UU Ormas akan Disempurnakan
Komisi II Persilahkan Pemerintah Revisi UU Ormas
BW Yakin Hanya Anies-Sandi yang Pro Wirausaha
Waspadai Gelombang Tinggi di Pangkalpinang

ke atas