LINGKAR BANDUNG

Jumat, 24 Mei 2013 | 10:25 WIB

Emil Janjikan Harmonisasi Kehidupan Beragama

Dery Fitriadi Ginanjar
Emil Janjikan Harmonisasi Kehidupan Beragama
Calon Wali Kota Bandung Ridwan Kamil inilah.com/Dicky Zulfikar Nawazaki


INILAH.COM, Bandung - Calon Wali Kota Bandung Ridwan Kamil siap menjamin harmonisasi kehidupan beragama di Kota Bandung. Salah satunya penentuan sumber daya manusia (SDM) akan mengedepankan kompetensi dan kemampuan, dibandingkan unsur suku, agama, ras, antargolongan (SARA).

"Nilai-nilai kebhinekaan sudah tertanam sejak kecil pada diri saya. Dunia tidak mungkin dibuat sama. Harmoni adalah keberagaman. Bandung dikenal karena keberagaman dan nasionalisme. Soekarno mengumandangkan nasionalisme dari Bandung," jelas Ridwan dalam rilis yang diterima INILAH, Jumat (24/5/2013).


Soal sikap terhadap minoritas, Ridwan mengaku belajar pluralisme dari almarhum Abdurahman Wahid (Gus Dur). Terlebih dia memiliki banyak teman yang beda agama, suku, dan negara.

"Saya pernah jadi minoritas ketika di Amerika. Jadi persoalan minoritas adalah persoalan bersama. Mari kita cari solusinya bersama," jawab lulusan Tata Kota Universitas California, Barkeley, ini.

Begitupun dalam memilih SDM dalam membangun Bandung, kemampuan seseorang menjadi pertimbangan utama. "Siapapun yang berprestasi harus dipromosikan, tak peduli latar belakang apa," jelasnya.[ang]
#ridwan kamil #kehidupan beragama #kota bandung #pilw
BERITA TERKAIT
Tiga Pria Swedia Siarkan Perkosaan di Facebook
DPR Pertanyakan Wacana Penyempurnaan UU Ormas
Ulang Tahun Suarez Dihadiri Wanita-wanita Cantik
Inikah Zaman itu, Zaman yang Disabdakan Rasulullah
Usai Dikartu Merah, Xhaka Diinterogasi Polisi
Keluhkan Kilang Tua, DPR Tanya Etika Pertamina
Kemendagri Deteksi Ormas yang Anti-Kebhinekaan

ke atas