POKOK DAN TOKOH

Kamis, 04 Juli 2013 | 11:11 WIB

Dari Jual Beli Motor, Melangkah ke Raja Properti

Ariez Riza Fauzy
Dari Jual Beli Motor, Melangkah ke Raja Properti
Wawan Gunawan inilah.com/Ariez Riza Fauzy

INILAH.COM, Bandung - Modal kepercayaan dan kreativitas tinggi dapat mewujudkan sebuah keberhasilan. Kalimat itulah yang terlontar dari mulut Wawan Gunawan, pebisnis properti.

Wawan Gunawan kini memiliki bisnis Grand Sharon Residence yang ada di Kawasan Metro, Soekarno-Hatta, Kota Bandung. Menurutnya semua itu, diraihnya dengan penuh kesabaran dan kegigihan serta keyakinan yang tinggi.

Wawan menceritakan, semasa kecil dirinya hidup pas-pasan. Bahkan, karena keterbatasan uang, orang tuanya tidak mampu menyekolahkan Wawan hingga tingkat SMP. Selain itu, dia juga tak tinggal bersama orang tuanya sejak tamat SD melainkan dengan saudaranya dan membantu berjualan.

Saya hanya lulusan kelas 6 SD dan tidak melanjutkan sekolah, habis itu dititipkan di saudara, ujar Wawan kepada INILAH, Rabu (3/7).

Bisnis yang kini dijalaninya ini bermula dari jual beli motor bekas pada awal 1974 dan mulai berkembang pada 1976 hingga 2000. Karena ketekunannya mengelola bisnis, dia mendapatkan keuntungan besar. Barulah pada pertengahan 1995, Wawan mulai mengembangkan bisnisnya di bidang properti yang berlokasi di Margawangi.

Pada 1997 negara Indonesia mengalami krisis moneter. Namun bagi Wawan, bisnis propertinya tak terganggu krisis moneter. Bahkan, bisnisnya lebih meningkat dan dia membeli aset lainnya.
Ketika orang lain merasakan dampak krisis moneter, saya justru berani menginvestasikan lagi, karena saya tidak pernah pinjam ke bank, kata pria kelahiran 24 Januari 1956 ini.

Keinginan dan buah kesabaran ini ternyata menghasilkan prinsip yang sangat kuat dalam hidup ayah tiga anak ini. Bahkan dia menanamkan banyak pelajaran terhadap ketiga anaknya seperti mengembangkan kreativitas diri.

Wawan mengatakan, dampak kesuksesannya mendatangkan berbagai nilai positif. Dia kini dipercaya sebagai ketua di salah satu yayasan pendidikan.

Anehnya, saya selalu di percaya sebagai ketua di yayasan pendidikan, padahal saya kan hanya lulusan SD, ungkapnya.

Banyak pelajaran yang dapat dipetik selama dia menjalankan bisnis, yakni kejelian melihat peluang usaha dan mengaplikasikan dengan kreativitas.

Banyak orang yang butuh motor, mobil, dan rumah. Dan saya memiliki semua itu, sehingga peluang itu menjadi titik awal sebelum meraih sukses, pungkasnya. [gin]

#wawan gunawan #raja properti
BERITA TERKAIT
Agnieszka Radwanska Pensiun dari Tenis Profesional
Kovacic: Lovren Bikin Liverpool Sulit Juara Liga
One Championship Gelar Face-off Kadestam & McGuire
Cerita Januzaj Tak Diberikan Kesempatan di MU
Huawei Berencana Merilis Kacamata AR
Harga Minyak Akhiri Kejatuhan
FPI Imbau Publik Tak Terpancing Sikap Politik PSI

ke atas