LINGKAR BANDUNG

Rabu, 17 Juli 2013 | 16:12 WIB

Waspada, Jelang Lebaran Kejahatan Meningkat

Ahmad Sayuti AK
Waspada, Jelang Lebaran Kejahatan Meningkat
Jambret ilustrasi


INILAH.COM, Bandung - Memasuki pertengahan Ramadan dan jelang Lebaran, berbagai objek vital (obvit) tak luput dari pengawasan kepolisian. Salah satunya pusat pembelanjaan. Jelang lebaran, pengawasan lebih ditingkatkan seiring dimulainya operasi 'Ketupat Lodaya 2013'.

Kasub Bag Humas Polrestabes Bandung Kompol Rosdiana mengimbau, agar masyarakat selalu waspada terhadap setiap aksi kejahatan terutama di pusat keramaian dan perbelanjaan. Karena biasanya para pelaku kriminalitas bisa berbaur dengan warga atau pengunjung.

"Jelang Lebaran biasanya kejahatan akan meningkat, seperti perampasan atau penjambretan dan modus kejahatan hipnotis," kata Rosdiana kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Rabu (17/7/2013).


Untuk itu, Rosdiana menyebutkan, masyarakat yang akan berbelanja kebutuhan Idul Fitri, dihimbau untuk tidak bepergian dengan penampilan yang mencolok sehingga dapat mengundang pelaku beraksi. Bawalah uang secukupnya sesuai dengan kebutuhan yang akan dibeli.

Menurutnya, mereka yang berpergian dengan membawa tas agar selalu memegang tas di depan. Diusahakan untuk tidak lengah, karena saat berdesakan akan ada kemungkinan aksi pencuri tidak akan terasa. Selain di tempat perbelanjaan, yang harus diwaspadai juga tempat aktivitas mudik seperti terminal dan stasion.

"Biasanya pelaku kejahatan modus itu (hipnotis) beraksi di tempat-tempat ramai seperti terminal dan stasiun. Kami imbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya," ujarnya.

Selain itu, katanya, masyarakat agar tidak mudah bicara dengan orang tidak dikenalnya. Apalagi saat diberikan makanan atau minuman. Jika ada orang seperti itu patut diwaspadai, karena mungkin saja dia akan berlaku jahat.[ang]
#lebaran #kejahatan #jambret #hipnotis
BERITA TERKAIT
(Denmark Terbuka Super Series Premier 2017) Marcus/Kevin Takluk di Partai Puncak
Magma Gunung Agung ‎Kini Berada di Jarak 4 Km
Sumbat Lava Gunung Agung Berhasil Dihancurkan
Ini Bahaya Jika Gunung Agung Erupsi
Paperun, Charity Fun Run 5K Berlari Sambil Beramal
Gunung Agung Awas Warga Nekat 'Selfie' di Kawah
Zidane Tak Terima Benzema Dikritik

ke atas