DUNIA

Sabtu, 03 Agustus 2013 | 00:30 WIB

Status Snowden Dibahas Para Petinggi AS dan Rusia

Bachtiar Abdullah
Status Snowden Dibahas Para Petinggi AS dan Rusia
Yury Ushakov RIA NOVOSTI
INILAH.COM, Moskow Orang kepercayaan Presiden Vladimir Putin di Kremlin Yury Ushakov dan Duta Besar AS Michael McFaul membahas status suaka sementara yang diberikan Rusia kepada Edward Snowden, Jumat (2/8).

Mereka juga membahas soal-soal lain. Mc Faul dan Ushakov membahas pengurangan senjata nuklir, pertahanan peluru kendali, Suriah, perdagangan, hak-hak asasi manusia, dan status baru Snowden, tulis Kedutaan Besar AS di Moskow di akun Twitter, seperti ditulis RIA Novosti, Jumat.

Pada hari Jumat itu juga, ketua komisi internasional parlemen Rusia Alexei Pushkov menohok Senator AS John McCain, seorang pengkritik pedas Kremlin yang menyebut pemberian suaka sementara Snowden itu sebagai tamparan di muka seluruh rakyat Amerika.


Senator McCain mengklaim bahwa dengan memberikan suaka kepada Snowden, Rusia seperti sudah mempermalukan AS, ujar Pushkov di Twitter-nya.

Masalahnya bukan ini. Dengan menutup semua rute keluar (untuk Snowden), Washington seolah membiarkan Moskow tanpa pilihan lain.

Pada hari Kamis waktu Washington (Jumat WIB) McCain mendesak pemerintahan Presiden Barack Obama agar memikirkan secara mendasar hubungan kita dengan Presiden Putin.

Washington sudah berulang kali meminta Moskow agar menolak permohonan suaka sementara Snowden dan memulangkannya ke AS supaya bisa diadili.
#mcfaul #pushkov #mccain #snowden
BERITA TERKAIT
Saingi Cina, AS Jual Drone ke Para Sekutu
FBI: Hadiah bagi Penemu Jurnalis AS di Suriah
Mesir Sambut Ramadhan dengan Lentera Salah
Kelompok Neo-Nazi akan Gelar Acara di Georgia
Pengungsi Rohingya Segera Dikembalikan ke Myanmar
Jutaan Penipu Pajak di China Dilarang Naik Pesawat
(Beredar Video Remaja Berjoget di Mal) Pejabat Penting Iran Ditangkap

ke atas