TEKNOLOGI
twitter facebook
Kamis, 19 September 2013 | 17:31 WIB
Liputan IIMS 2013

Karimun Wagon R, Mobil LCGC dari Suzuki

Oleh: Wahyu Perdana Putera
Karimun Wagon R, Mobil LCGC dari Suzuki
(inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Suzuki menjadi pabrikan kelima yang siap bertarung di segmen low cost green car (LCGC) dengan meluncurkan mobil murahnya yang diberi nama Karimun Wagon R di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/9).

Setelah Toyota (Agya), Daihatsu (Ayla), Honda (Brio Satya), dan Nissan (Datsun Go), kini Suzuki turut meramaikan persaingan pasar otomotif di segmen LCGC dengan menghadirkan Karimun Wagon R di ajang IIMS 2013.

Nama Wagon R sebenarnya telah diperkenalkan oleh Suzuki di Jepang pada tahun 1993 dan telah terjual 6,3 juta unit di dunia seiring dengan evolusinya. Kesuksesan Wagon R di pasar otomotif Jepang menjadi alasan bagi Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk memproduksi Karimun Wagon R di Indonesia karena berminat menjadikannya sebagai mobil LCGC.

Suzuki menggunakan logo burung Garuda yang sedang mengepakkan sayap di bagian depan Karimun Wagon R. Logo dan nama Karimun digunakan karena salah satu persyaratan regulasi, mobil-mobil LCGC harus diberi nama serta logo berunsur Indonesia.

Karimun atau Wagon R sangat cocok untuk konsumen Indonesia. Selain tinggi, lega, nyaman, mobil ini dikenal irit bahan bakar. Dipakai untuk lima orang pun masih nyaman, ujar Toshiro Suzuki, Vice President Suzuki Corporation.

Karimun Wagon R memiliki tampilan dinamis dengan grill yang kuat dan headlamp besar. LCGC besutan Suzuki ini juga memiliki sudut-sudut yang tegas, kursi baris kedua agak tinggi, lantai kabin relatif rendah, ruang bagasi pintu lebar dan dapat diperluas dengan melipat kursi belakang.

Suzuki mempersenjatai Karimun Wagon R dengan mesin K10B berkapasitas 1.000cc yang disebut mampu menghasilkan tenaga 68 PS dengan torsi maksimum 90 Nm pada putaran mesin 3.500 rpm. Mobil ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 20,5 km per satu liter bensinnya.

Meski sudah dihadirkan di IIMS 2013, ternyata SIS belum memasarkan Karimun Wagon R. Namun, para peminatnya sudah dapat melakukan pemesanan atau indent mulai hari ini.

Kalau mau indent, sudah bisa hari ini. Tapi untuk harga, saya bisa katakan mirip dengan kompetitor, atau lebih dekat ke Daihatsu Agya, kata Davy Tulian, Direktur Marketing PT SIS.

Rencananya Karimun Wagon R akan diproduksi di pabrik Suzuki di Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Davy berharap mobil LCGC besutan Suzuki ini sudah dapat diluncurkan secara resmi pada Oktober 2013 nanti. [ikh]

BERITA TERKAIT
Kembali ke atas