MAUNG BANDUNG

Selasa, 08 Oktober 2013 | 05:29 WIB

Ini Dia Jaino, Pria Brazil Pencari Bakat Persib

Asep Pupu SB
Ini Dia Jaino, Pria Brazil Pencari Bakat Persib
Jaino Matos inilah.com

INILAH, Bandung Diklat Persib gencar menggali bibit potensial di Jawa Barat. Tokoh penting di balik diklat Persib ini adalah sang talent scoting, Jaino Matos.

Di usia remaja, Jaino seorang pemain sepakbola untuk klub di liga Profesional asal tanah kelahirannya Brazil, yaitu Atletico Minero dan Cruizeiro. Dia harus terhenti bermain di usia 20-an karena harus pindah ke negeri Paman Sam.

Walaupun sudah pindah ke Amerika, hasrat untuk menekuni dunia sepakbola Jaino semakin tinggi, namun dia lebih tertarik untuk menjadi seorang pelatih. Tiga tahun kemudian dia kembali ke Brazil untuk mendalami kepelatihan.

Saya main sampai usia 20 di Atletico Minero dari umur 15 terus pindah main ke Cruizeiro, saya dari Brazil pindah sekolah di Amerika, di Amerika saya mulai suka melatih, jadi mulai belajar ikut kursus sport science dan coaching klinik. Usia 23 ikut kursus di Rio De Janiero, ucap Jaino saat ditemui INILAH, Senin (7/10).

Awal mulanya, Jaino tidak bisa mengikuti kursus kepelatihan, karena usianya masih belum memenuhi kriteria. Namun selang satu tahun akhirnya dia bisa diikutsertakan sebagai peserta kursus kepelatihan.

Setelah lima tahun kursus kepelatihan dan mengantogi lisensi A Brazil, Jaino pun langsung hijrah ke klub asal Malaysia, Penang FC. Menjadi seorang pelatih kepala, dia pun mentas di Liga Super Malaysia dan menyandang predikat sebagai pelatih termuda.

Head coach Penang FC Malaysia tahun 2009, saya pelatih paling muda di Malaysia Super League, terus tahun selanjutnya Penang Sport School, itu suatu program di bawah kementerian olahraga Malaysia, dan pembinaan usia muda Malaysia, di situ saya sekitar dua tahun, ujarnya.[ito]

#jaino matos #persib
BERITA TERKAIT
Pendiri Antivirus McAfee Nyapres Pilpres AS 2020
Arsenal Butuh Pemain Baru di Januari Ini
Sandi: Pemimpin Baik Adalah yang Mau Terima Kritik
KFC Rilis Produk Lilin Aroma Saus
Kontra Tottenham, Higuain Tak Dimainkan
Depresi, Warga Kediri Bunuh Diri di Sungai Brantas
Ini Arahan Presiden Jokowi Terkain RUU Migas

ke atas