NASIONAL

Sabtu, 09 Mei 2015 | 14:20 WIB

Manuver JK tak Leluasa seperti Zaman SBY

Aris Danu
Manuver JK tak Leluasa seperti Zaman SBY
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak bisa leluasa menentukan kebijakan seperti ketika ia menjadi Wapres semasa Presiden SBY periode pertama.

JK yang dinilai cukup paham dengan pemasalahan ekonomi tidak bisa berbuat banyak untuk koordinasi kepada para menteri terkait karena terbentur sistem pemerintah.

Sekarang agak dibatasi juga manuver dari Wakil Presiden, dibatasi oleh sistem yang dibangun pemerintah sekarang ini sehingga dia kurang leluasa, kata pengamat ekonomi-politik, Fadil Hasan dalam diskusi Perspektif Indonesia dengan tema "Surutnya Kinerja Ekonomi-Politik Kabinet Kerja" di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/5/2015).

Fadhil mengatakan, keterbatasan JKdalam mengatur kebijakan membuat koordinasi antara Presiden dengan menteri Kabinet Kerja menjadi tidak maksimal.

Secara objektif bahwa keleluasaan Pak JK untuk melakukan manuver untuk menjadikan sebuah policy itu lebih efektif dan lebih cepat tidak seperti dulu, ujarnya.

Manajemen kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah tidak kuat, imbuhnya.

Hal berbeda ketika JK menjadi Wapres SBY pada periode pertama.

Jadi keleluasaan Wapres untuk melakukan manuver dalam rangka mengefektifkan sebuah kebijakan tidak seleluasa ketika Beliau menjadi Wapres pada jaman SBY yang pertama, tandasnya. [ton]

#jk #sby
BERITA TERKAIT
SBY Besuk BJ Habibie di RSPAD Gatot Soebroto
Dukung Airlangga, Aziz Harapkan Team Work Kuat
Jokowi Minta DPR Tunda Pengesahan 4 RUU
Jokowi Tegaskan Tak Ada Perppu KPK
Gerindra Garut Tolak Mulan Jameela Masuk Senayan
Daftar PDIP, Gibran Siap Maju Nyalon Walikota Solo
Fraksi Golkar Kembali Rotasi Anggotanya

kembali ke atas