EKONOMI

Jumat, 06 Mei 2016 | 08:44 WIB

Asia Tourism Forum Digelar Besok di Bandung

Asia Tourism Forum Digelar Besok di Bandung
Asia Tourism Forum 2016 digelar di Bandung (Foto: istimewa)
INILAHCOM, Bandung - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung akan menjadi tuan rumah Asia Tourism Forum atau ATF (Biennial Conference ke-12) yang diselenggarakan 7-9 Mei 2016.

Ketua STP Bandung Anang Sutono mengatakan ATF merupakan pertemuan prestisius yang mempertemukan para stakeholders di bidang pariwisata. Acara ini juga rencananya akan dihadiri oleh pak Menteri Pariwisata Arief Yahya pada tanggal 7 Mei atau hari Sabtu, sebut Anang kepada wartawan, Kamis (6/5/2016).

Menpar Arief Yahya membenarkan, dirinya bakal tampil di ATF Bandung itu. STP Bandung terpilih untuk kedua kalinya sebagai tuan rumah ATF, sebelumnya STP Bandung menjadi tuan rumah pada 2012 (Biennial Conference ke-10). Asia Tourism Forum pertama kali diadakan pada 1993 di Kota Ho Chi Minh, Vietnam.

ATF itu dua tahun sekali, dan menjadi forum internasional yang mewadahi para praktisi industri pariwisata, akademisi, peneliti, pejabat pemerintah dan para pembuat kebijakan pariwisata, ujar Anang. Menurut dia, forum ini ajang para stakeholders di bidang pariwisata untuk bertukar informasi penelitian penting sebagai pengembangan industri pariwisata berkelanjutan baik di Asia maupun di dunia.

Tema ATF 2016 ini adalah A New Approach of Wonderful Tourism. Pariwisata yang memiliki makna penting untuk ekonomi masyarakat. Rencananya juga akan ada Seminar Power Talk di Kampus STP Bandung. Dalam seminar ini hadir pembicara internasional Prof. Kaye Chon dari Hongkong Polytechnic University, dan Prof Alastair M Morrison, penulis buku dan tokoh pariwisata di dunia.


Sedikit tentang seminar tersebut, imbuh Anang, bahwa Seminar Power Talk Tourism Research Seminars (Journey to Asia Tourism Forum 2016) yang digelar STP Bandung, Selected Paper yang disajikan di seminar ini bukan Paper yang mengawang-awang.

Indonesia akan mengusung Wonderful Tourism atau pariwisata yang memiliki keindahan dan memberikan kebahagiaan bagi wisatawan serta membuka peluang usaha seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia agar sebanyak-banyaknya masyarakat sejahtera.

Lingkungan hidup sehat, infrastruktur kota yang baik, ekologi kota tertata dengan bagus serta masyarakat yang sehat, merupakan bagian dari Wonderful Tourism. Dengan pariwisata Quality of people Life akan meningkat, sehingga diharapkan seluruh masyarakat bergerak untuk menjadikan kotanya indah dan masyarakat cinta akan kebersihan.

ATF 2016, terangnya, akan melibatkan 30 negara dan 500 peserta. Asia Tourism Forum (ATF) pertama kali diadakan 1993 di Ho Chi Minh Vietnam, dan diselenggarakan dua tahun sekali (Biennial).

Sementara itu, Chairman of Paper Reviewer ATF 2016 Alastair M.Morrison mengatakan, ATF 2016 diharapkan meningkatkan pertumbuh turis menjadi Double.Yang terpenting Indonesia dalam menjual parwisatanya jangan hanya menjual produk tetapi Experience, tegasnya, Kreativitas akan memunculkan E xperience, ujarnya. [*]
#stpbandung #asiantourismforum #pariwisata
BERITA TERKAIT
Potensi Ekonomi di Balik Upacara Pawintenan Bali
Ini Dukungan Kemenhub Bagi 10 Destinasi Prioritas
Pulau Dewata Masuk Wisata Favorit Dunia
Menpar Minta UMKM di Mandalika Diguyur Modal
Penerbangan Pesat, Bandara Sam Ratulangi Dipermak
Asian Games 2018 Beri Berkah Bisnis Perhotelan?
KESDM Evaluasi 2 Peminat Blok Rokan

ke atas