DUNIA

Jumat, 05 Agustus 2016 | 02:32 WIB

Iran Hukum Gantung 20 Tahanan Sunni

Iran Hukum Gantung 20 Tahanan Sunni
(ilustrasi)

INILAHCOM, Tehran - Iran menghukum gantung sekitar 20 tahanan dari kelompok Muslim Sunni yang dianggap terlibat serangan bersenjata.

Media pemerintah melaporkan, kelompok tersebut telah menjalani hukuman gantung pada hari Selasa (2/8/2016). Mereka dianggap bertanggung jawab membunuh perempuan dan anak-anak dari tahun 2009 sampai 2011, demikian lansir BBC.

Iran, yang sebagian besar penduduknya adalah penganut Syiah, telah menghukum mati 977 orang sepanjang tahun 2016, menurut organisasi hak asasi manusia, Amnesty International.

Kelompok hak asasi manusia mengecam hukuman mati terbaru dengan mengatakan para terhukum menjalani pengadilan yang tidak adil.

Kelompok yang bermarkas di AS, International Campaign for Human Rights in Iran, menyatakan salah satu pria yang digantung adalah Shahram Ahmadi, yang mengatakan seluruh kasus terhadapnya berdasarkan pengakuan di bawah paksaan.

Tidak seorang pun dari keluarga terhukum diizinkan mengunjungi mereka sebelum digantung, kata organisasi tersebut.

Amnesty International menyatakan, Iran adalah pelaku hukuman mati terbesar kedua di dunia pada tahun lalu setelah China yang mengeksekusi lebih 1.000 orang.

#Iran #hukum mati #hukum gantung #sunni
BERITA TERKAIT
Iran Mulai Konstruksi Reaktor Nuklir Kedua
Demonstran Irak Serang Konsulat Iran di Karbala
Iran Gunakan Alat Pemurni Uranium Lebih Canggih
PBB: Lebih 11 Juta Warga Suriah Butuh Bantuan
Demonstrasi Hong Kong: Pria 70 Tahun Tewas
Penembakan di SMA California, 2 Orang Tewas
AS Ajak Korea Utara ke Meja Perundingan Desember

kembali ke atas