GAYA HIDUP

Senin, 13 Februari 2017 | 05:00 WIB

4 Kuliner Ini Sempurna dengan Kecap Terbaik

4 Kuliner Ini Sempurna dengan Kecap Terbaik
(Foto: Inilahcom)


INDONESIA terkenal dengan beragam kuliner khasnya. Beragam suku di daerah pasti memiliki ciri khas kuliner yang unik, menarik dan penuh cita rasa. Lihat saja sederet kuliner yang tidak hanya terkenal di dalam negeri tetapi sudah mendunia. Seperti rendang, nasi goreng, sate, gudeg, gado-gado hingga sop buntut.

Olahan bumbu rempah-rempah yang melimpah di negeri ini membuat kuliner asli Tanah Air begitu menggoda. Namun masakan di Indonesia juga tidak pernah terlepas dari bumbu pemanis bernama kecap. Kebanyakan masyarakat Indonesia menggemari rasa manis membuat mereka menambahkan kecap pada makanan yang disantapnya.

Selain memberikan rasa manis pada sebuah masakan, kecap juga bisa mengubah warna masakan menjadi hitam yang mampu menambah selera para pencinta kuliner. Ada empat kuliner khas nusantara yang tak terlepas dari bahan kecap pada proses pembuatannya, seperti:



Semur Ayam

Mendengar kata semur memang tidak jauh dari rasa manis dan kecap. Cara memasaknya pun mudah. Sebelumnya siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, seperti: ekor ayam, potong 6 bagian, goreng sebentar hingga berwarna kecokelatan, 6 butir telur ayam yang direbus hingga matang dan dikupas, 1 batang serai yang dimemarkan, 2 lembar daun salam, 1,5 liter air, 100 ml Kecap Bango, 1 sendok teh (sdt) penyedap rasa ayam, sdt garam, 1 sdt gula merah, butir pala diparut, sdt merica putih bubuk, 2 sdm bawang merah goreng, 3 sdm minyak untuk menumis. Sebelum memasak haluskan terlebih dahulu 6 siung bawang putih, 5 butir bawang merah dan 2cm jahe.

Cara memasaknya para Ibu bisa memulai panaskan minyak di dalam panci berukuran sedang dan api yang sedang. Setelah minyak panas tumis bumbu yang telah dihaluskan, serai dan daun salam hingga harum. Kemudian masukkan ayam dan telur diaduk rata. Tambahkan air, kecap manis Bango, penyedap rasa, garam, gula merah, pala, dan merica lalu didihkan. Kecilkan api dan lihat hingga kuah mengental, sebelum disajikan taburi dengan bawang merah goreng.



Gurame Bakar

Siapa yang tidak suka dengan hidangan khas sunda gurame bakar yang disajikan dengan kecap sambal. Resep dan cara membuat gurame bakar cukup mudah. Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah 2 ekor (800 gram) ikan gurame yang dikerat-kerat, 2 sendok teh air jeruk nipis, 1 sendok teh garam, 1 sendok makan air asam jawa, 5 sendok makan Kecap Manis Bango, 3 sendok makan minyak untuk menumis. Sedangkan untuk bumbu halus yang harus disiapkan adalah: 3 buah cabe merah besar, 4 buah cabe merah keriting, 2 buah cabe rawit merah, 6 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 sendok teh ketumbar, 2 cm jahe, 1 sendok teh garam. Untuk membuat kecap sambal siapkan juga 5 sendok makan Kecap Manis Bango, 1 buah tomat dibuang bijinya dan dipotong-potong, 5 buah cabe rawit merah diiris, 5 buah cabe rawit hijau diiris, 2 butir bawang merah diiris, 1/2 sendok teh air jeruk nipis.

Cara pembuatannya, Anda bisa memulai dengan merendam ikan gurame dalam air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 15 menit. Panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan asam jawa, aduk rata. Angkat, tambahkan Kecap Manis Bango, aduk rata lagi. Oles ikan dengan bumbu. Bakar ikan sambil dioles sisa bumbu sampai matang. Sajikan dengan sambal kecapnya.




Tempe Tahu Bacem Jogja

Kota Yogyakarta sangat terkenal dengan berbagai macam kuliner. Bila berkunjung ke Yogya kita akan sering menjumpai makanan Tempe Tahu Bacem. Bahan-bahan dan cara membuat tergolong relatif mudah. Siapkan 400 gram tempe yang dipotong kotak, 8 buah tahu kulit kotak, 2 butir bawang merah iris, 3 sachet bumbu bacem Bango, 25 gram gula merah, 2 sendok teh garam, 500 ml santan dari 1 butir kelapa, minyak goreng.

Cara membuatnya: campur santan, bawang merah, bumbu bacem Bango, gula merah, garam, dan santan. Aduk rata, lalu masukkan tempe dan tahu. Rebus di atas api kecil sampai matang dan meresap. Goreng di dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan hingga kecokelatan.



Bihun Siram Capcay Goreng Kekian

Menu makanan dengan bihun juga menjadi favorit di Indonesia. Bahan untuk membuat bihun siram capcay goreng kekian adalah, 200 gram bihun,200 gram udang kupas dan sisakan ekornya, 200 gram kekian yang diris-iris, 1 buah wortel diiris miring, 100 gram brokoli potong per kuntum, 3 batang caisim dipotong-potong, 100 gram jagung putren diiris miring, 1 sendok makan saus tiram, 1 sendok makan saus tomat, 2 sendok makan kecap manis Bango, 1/4 sendok teh garam, 1/8 sendok teh merica bubuk, 500 ml air,2 batang daun bawang iris serong, 2 sendok makan maizena dilarutkan dengan 2 sendok makan air untuk mengentalkan, 1 sendok teh minyak wijen, 2 sendok makan minyak untuk menumis.

Cara pembuatannya, tata bihun di atas saringan. Panaskan minyak, masukkan saringan berisi bihun. Goreng sampai matang dan kering lalu disisihkan. Panaskan minyak, masukkan udang. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan kekian ,wortel, dan brokoli. Tumis sampai setengah layu. Masukkan jagung putren, kapri, dan caisim. Aduk sampai layu.

Masukkan saus tiram, saus tomat, Kecap Manis Bango, garam, dan merica. Aduk rata lalu tuang air. Aduk sampai mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena. Aduk sampai meletup-letup. Tambahkan minyak wijen. Aduk rata. Masukkan daun bawang. Aduk rata. Tata bihun goreng lalu siramkan sayuran di atas bihun.

Keempat menu masakan itu tidak terlepas dari peran kecap. Masih banya kuliner nusantara lain yang membutuhkan kecap terbaik. Butuh sebuah kecap bercitarasa tinggi dalam membuat masakan kuliner khas nusantara. Para kawan kuliner pasti sudah mengenal kecap manis memiliki cita rasa tinggi yaitu Bango.

Bango sejak 1928 mengutamakan tradisi, kepenuhan hati serta kualitas yang tinggi. Kecap Bango terbuat dari 4 bahan pilihan yang bermutu tinggi: kacang kedele hitam, gula kelapa, garam dan air. Bango berbeda dari produk lain yang menggunakan kacang kedele kuning.

Saat ini kecap Bango sudah seperti menjadi lifestyle. Hampir di setiap rumah tersedia kecap Bango, saat makan bakso, makan soto semua pasti ada kecap. Tidak hanya jadi menu masakan biasanya kawan kuliner menambahkan kecap Bango pada menu makanannya agar terasa lebih nikmat. Kecap Bango bisa menjadi mitra, khususnya bagi Ibu di dapur dalam menyiapkan hidangan lezat dan istimewa khas Indonesia untuk keluarga tercinta. [adv]
#kecapbango #kulinernusantara
BERITA TERKAIT
(Jaga Kesehatan Syaraf Kaki) Wanita Hindari Pakai Sepatu Hak Tinggi
Dukung Lahirnya Desainer Muda Taraf Dunia
Dukung Pariwisata, Ciptakan Tenaga Profesional
Atasi Penyakit Prostat dengan Baik dan Aman
Barli dan Dian Pelangi Cari Inspirasi ke Australia
(Inspirasi Karya Busana Muslim) Zaskia Sungkar Selalu Perhatikan Ikon Kota
Tips Menggunakan Hijab Ala Ria Miranda

ke atas