PASAR MODAL

Senin, 06 Maret 2017 | 15:03 WIB

CEO Ini Nilai Warren Buffett Ketinggalan Jaman

Monica Wareza
CEO Ini Nilai Warren Buffett Ketinggalan Jaman
Jon Stein, CEO dan pendiri Betterment dan Investor miliarder asal AS, Warren Buffett (Foto: Riset)


INILAHCOM, New York - Investor miliarder asal AS, Warren Buffett dikenal tangan dingin dalam mendulang cuan dari saham. Keahliannya telah terbukti selama bertahun-tahun. Namun ada investor muda mengaku memiliki jurus lebih sakti dari Buffett. Seperti apa kisahnya?

Warren Buffet menyarankan investor untuk membuat portofolio investasi pada S&P 500 index future. Namun sepertinya saran dari 'Oracle from Omaha' ini sudah ketinggalan jaman.

"Strategi itu sudah tidak berlaku lagi sekarang dan tidak benar-benar menghasilkan uang. Bahkan kita bisa melakukan lebih dari itu," kata Jon Stein, CEO dan pendiri Betterment, The Robo Advisors yang mengelola aset lebih dari US$8 miliar, seperti mengutip cnbc.com.

Stein mengatakan bahwa sebuah portofolio yang dibangun oleh Betterment bisa mengalahkan S&P Index Future dari waktu ke waktu karena Betterment mengoptimalkan pajak untuk meningkatkan kinerja.

Betterment mengestimasi tax loss yang dapat menambahkan 0,77 persen pada rata-rata pelanggan setelah pengembalian pajak tiap tahunnya. Dengan otomatis berkoordinasi dengan aset berada di rekening yang kena pajak dan pajak yang ditangguhkan, perusahaan mengatakan dapat menghasilkan dari 0,10 persen menjadi 0,82 persen tiap tahun.

Banyak robo-advisors, termasuk Betterment, Charles Schwab dan Wealthfront menawarkan automatic tax loss harvesting, yang berarti mereka menjual investasi utnuk menghasilkan kerugian untuk mengimbangi keuntungan modal.


"Tax loss harvesting tidak apa-apa jika aset and berada dalam IRA (Individual Retirement Account)," kata Scott Smith, direktur riset jasa keuangan Cerulli Associates.

Itu karena IRA dan perencanan pensiun, seperti rencana 401(k) adalah pajak tangguhan, artinya pertumbuhan investasi bebas pajak sampai mereka menarik dari rekening. Untuk Roth IRA dan rencana 401(k) kontribusi dikenai pajak sehingga penarikan bebas pajak.

Robo Advisors dapat membuat portofolio yang lebih beragam dari dana S&P 500. Sebagian besar layanan otomatis membangun portofolio mereka dengan dana indeks rendah yang berinvestasi di Amerika dan saham internasional dan obligasi serta real estate dan komoditas.

Karena pelanggan mendaftar dengan Robo Advisors, mereka biasanya meminta serangkaian pertanyaan untuk menentukan toleransi risiko. Berdasarkan bagaimana orang mejawab pertanyaan-pertanyaan inilah portofolio dana dibangun. Pengembalian untuk portofolio dapat bervariasi, tergantung pada strategi investasi robo-advisors dan dana yang digunakan.

Layanan ini memiliki minimum investasi yang rendah. Misalnya, Betterment tidak memiliki minimum akun sementara kita akan membutuhkan setidaknya US$3.000 untuk berinvestasi langsung pada S&P 500 Index Future di Vanguard.

Robo Advisors umumnya membebankan biaya tahunan antara 0,25 persen dan 0,50 persen dari aset di atas biaya investasi dasar.

Sementara biaya ini lebih rendah biaya 1 persen yang dikenai oleh penasihat keuangan tradisional, dan mungkin kita akan membayar lebih sedikit jika berinvestasi di S&P Index Future. Misalnya, iShares Core S&P 500 yang biaya ETF-nya hanya 0,04 persen per tahun. [hid]
#bursasaham #ihsg #warrenbuffett #dolar as
BERITA TERKAIT
Harga Emas Melemah Tertekan Gerakan Dolar AS
Harga Minyak Nyaris Stabil dalam Seminggu
Dolar Naik Tajam Respon Kongres AS
Ini Pemicu Wall Street Perpanjang Penguatan
Singapura Airlines Segera Miliki 39 Pesawat Boeing
Inilah Kecemasan Investor Jelang IPO Aramco
Wall Street Berpotensi di Area Positif

ke atas