DUNIA

Kamis, 09 Maret 2017 | 16:45 WIB

AS Kirim Satu Artileri Marinir ke Raqqa

Binar MP
AS Kirim Satu Artileri Marinir ke Raqqa
(Foto: Washington Post)
INILAHCOM, Raqqa - Amerika Serikat turut mengirimkan satu kompi artileri Korps Marinir untuk membantu mengalahkan kelompok ISIS di ibu kota mereka, Raqqa, kata seorang pejabat AS seperti diberitakan AFP.

Pasukan dari Unit Ekspedisi Marinir Kesebelas itu telah menggelarkan sebuah meriam Howitzer kaliber 155mm di satu pos di Suriah.

Korps Marinir siap melancarkan misi mereka untuk mendukung ofensif ke Raqqa, kata sang pejabat tersebut, membenarkan laporan sebelumnya dari Washington Post.

Langkah ini menandai gerak signifikan bagi pasukan darat AS di Suriah.


Saat ini AS menggelarkan pasukan daratnya secara terbatas yang terdiri dari 500 prajurit pasukan operasi khusus yang bertugas melatih dan membantu SDF, aliansi pasukan Arab-Kurdi yang memerangi ISIS.

Menurut The Post, penggelaran artileri ini sudah pernah dilakukan beberapa waktu lalu dan bukan bagian dari rencana Presiden Donald Trump yang menginginkan peningkatan kecepatan perang melawan ISIS.

Artileri ini membuat Marinir bisa membantu ofensif SDF yang telah secara bertahan mengepung ISIS sejak musim gugur lalu.

Pekan ini Pentagon mengumumkan bahwa pihaknya telah juga mengirimkan pasukan tambahan ke Manbij demi mencegah persaingan antarfaksi aliansi di benteng utama ISIS itu.

AS memperkirakan ada sekitar 4.000 militan di dalam kota Raqqa yang berpenduduk sekitar 300.000 orang.
#as #raqqa #isis
BERITA TERKAIT
AS-Rusia akan Setujui Langkah Akhiri Krisis Suriah
Kuburan Massal Korban ISIS Kembali Ditemukan
Dua Warga Singapura Terlibat ISIS Ditangkap
Suriah Bebaskan Benteng Pertahanan Terakhir ISIS
Pilot Jet AS Melukis Kelamin Pria di Angkasa
Kisah Pemilik Truk Dengan Stiker Anti-Trump
Pentagon Keliru Kirim Twitter Minta Trump Lengser

ke atas