GAYA HIDUP

Selasa, 14 Maret 2017 | 20:00 WIB

Lima Kiat Sehat Cegah Batu Ginjal

Mia Umi Kartikawati
Lima Kiat Sehat Cegah Batu Ginjal
(Foto: Ilustrasi)


INILAHCOM, Jakarta - Ada beberapa kiat sehat untuk mencegah terjadinya batu ginjal, meski Anda sudah melakukan ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy).

ESWL merupakan solusi efektif dengan triple focous yang memiliki daya penghancur batu ginjal lebih optimal. Meski pasien sudah melakukan ESWL, kemungkinan untuk timbul batu ginjal sangat besar. Namun, ada beberapa cara untuk mencegah agar batu ginjal tidak kambuh lagi setelah ESWL.

Menurut dr. Marto Sugiono, SpU, selaku dokter spesialis urologi Siloam Hospital Kebon Jeruk (SHKJ), Jakarta, Selasa (14/03/2017), berikut adalah beberapa perinciannya.

1. Asupan cairan kurang lebih 2,5 liter per hari. Hal ini sangat baik untuk menghancurkan kristal - kristal yang menjadi cikal bakal terbentuknya batu ginjal.


2. Cairan boleh dalam berbagai bentuk minuman. "Asalkan tidak konsumsi soda dan minuman kemasan yang manis," kata dr. Marto Sugiono.

3. Hidari obesitas dengan jaga asupan makanan dan diet seimbang.

4. Jangan terlalu banyak konsumsi garam dan kalsium.

5. Hidari makanan yang banyak mengandung purrin atau asam urat seperti protein hewan dan seafood. Kemudian beberapa sayuran seperti bayam, kol, asparagus, emping, dan melinjo.
#kiat #sehat #batu #ginjal #cegah
BERITA TERKAIT
Intip Tujuh Menu Baru Mango Mango Indonesia
Philips CEC Buka Gerai untuk Gaya Hidup Sehat
Intip Gaya Hidup Sehat Ferry Salim
Bebas Alkohol, Parfum Ulama Ini Klaim Bawa Berkah
PPLIPI Tingkatkan Solidaritas Antar Perempuan
Kacang Hijau dan Daun Adas Picu Produksi ASI
Museum Blanco Raih Penghargaan ISTA 2017 Kemenpar

ke atas