MOZAIK

Rabu, 15 Maret 2017 | 00:54 WIB

Kesombongan Jadi Penghambat Utama

KH Ahmad Imam Mawardi
Kesombongan Jadi Penghambat Utama
(Foto: ilustrasi)


DALAM kajian khusus santri selepas maghrib di Pondok Pesantren Kota Alif Laam Miim dijelaskan tentang siapa saja yang dijanjikan Allah akan dikaruniai anugerah khusus berupa ilmu, derajat, dan kebahagiaan hidup serta apa saja yang menjadi penghambat datangnya anugerah itu.

Kesombongan ternyata menjadi penghambat utama, sementara perasaan butuh dan bergantung kepada Allah adalah pengundang anugerah yang paling utama. Kesombongan adalah kata yang sering kita dengar. Namun apakah sesungguhnya definisi kesombongan dan apa saja jenis kesombongan serta peringkatnya jarang sekali kita kaji secara tuntas.


Karena kesombongan Iblis diusir dari surga. Karena kesombongan maka Fir'aun menjadi celaka. Karena kesombongan maka Namrud kehilangan kuasa. Karena kesombongan maka Abrahah tertimpa bencana. Banyak contoh lainnya yang terang benderang menjadi bukti akibat tak mengenakkan dari kesombongan.

Lalu bagaimana dengan orang yang rendah hati, sopan dan tawadlu? Kita lanjutkan nanti kalau ingat dan ada waktu. Salam, AIM. [*]
#pencerahhati #pencerah hati #ahmad imam mawardi
BERITA TERKAIT
Pribadi Kelas Istimewa
Sampai Kapankah Kita Berjuang?
Sikap Atasan pada Bawahan
Perluaslah Akalmu Agar Semua Masuk Akal
Di Mana Cinta dan Penghormatan?
Keseimbangan Hidup
Membaca Berita, Bacalah dengan Akal Sehat

ke atas