GAYA HIDUP

Sabtu, 18 Maret 2017 | 19:30 WIB

Penting, Anak Ketahui Cara Sikat Gigi dengan Baik

Mia Umi Kartikawati
Penting, Anak Ketahui Cara Sikat Gigi dengan Baik
(Foto: inilahcom)



INILAHCOM, Jakarta - Anak - anak sejak dini harus diajarkan bagaimana cara menyikat gigi dengan baik. Hal ini untuk membiasakan anak menjalankan gaya hidup sehat.

Menurut Radityo Egi sebagai Local President JCI Batavia menjelaskan, dengan mengadakan kegiatan sosialisasi kesehatan gigi dan mulut bersama 150 anak PAUD di wilayah Kramat Jati, Jakarta Timur, menjadi salah satu hal penting untuk kesehatan anak.



"Kesehatan gigi adalah bagian dari tubuh. Kalau di dalam tubuh kita ada yang tidak sehat, akan mengganggu aktivitas hal ini terutama jika terjadi pada anak. Produktivitas mereka akan terganggu. Karena itu, sosialisasi ini sangat penting," kata Radityo Egi dari JCI Batavia, saat ditemui di komplek ZENI TNI AD, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (18/03/2017).

Sebagai penggagas acara, JCI Batavia juga bekerja sama dengan Kedokteran Universitas Indonesia untuk mengajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Menurut Nelly Suriamah, drg, ada beberapa makanan yang sangat baik untuk kesehatan gigi pada anak yaitu buah, sayur, dan susu. Hal tersebut tidak saja baik bagi gigi tetapi juga dapat menjadikan tubuh sehat, dan tulang kuat.

Kemudian, anak - anak juga diberikan edukasi tentang waktu yang tepat untuk menyikat gigi. Terdapat dua waktu yang baik untuk anak membersihkan gigi agar sisa makanan hilang dan tidak menempel di gigi.


"Lebih baik sikat gigi pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. Mengapa malam harus sikat gigi? Karena kalau tidak sikat gigi, kuman akan menggerogoti gigi saat tidur sehingga menyebabkan gigi bolong," tambahnya.

Berikut adalah tahapan sikat gigi yang baik.

1. Sikat gigi dari gusi ke gigi. Pastikan bagian gigi yang paling depat sudah tersikat dengan bersih.

2. Kemudian, bagian dalam dengan cara membuat lingkaran. Ini dapat dilakukan secara perlahan agar gusi tidak mengalami luka.

3. Selanjutnya, di bagian dalam. Gerakan sikat gigi dari gusi ke gigi secara perlahan juga.

4. Setelah itu, sikat gigi bagian yang berfungsi untuk mengigit.

5. Terakhir, bilas mulut dengan cara kumur - kumur menggunakan air. Ini agar pasta gigi yang digunakan untuk sikat gigi bersih dan tidak tersisa.
#cara #sikat #gigi #baik #benar
BERITA TERKAIT
Ini Cara Memilih Beras yang Baik dan Sehat
Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Tes Kehamilan
Metode Deteksi Cedera Otot
Tips Penting Terapi Menjaga Jantung
Konsumsi Kafein Saat Hamil dan Menyusui Baik?
Berjalan Kaki Dapat Kurangi Risiko Alzheimer
Stres Akibatkan Konsumsi Junk Food Berlebihan

ke atas