BOLA

Senin, 20 Maret 2017 | 01:30 WIB

Man City Imbang Kontra Liverpool

Arif Budiwinarto
Man City Imbang Kontra Liverpool
(Foto: gettyimages)


INILAHCOM, Manchester - Manchester City harus puas berbagi angka setelah ditahan imbang tamunya, Liverpool, dengan skor 1-1. Hasil tersebut tidak mengubah posisi kedua tim di tabel klasemen.

Bermain di Etihad Stadium dalam pertandingan Liga Premier Inggris, Senin (20/3/2017) dini hari WIB, City mengusai 53 persen ball possession, sedangkan Liverpool 47 persen. Kendati demikian, The Reds yang lebih banyak melakukan percobaan ke gawang City.



The Citizens hanya tujuh kali melepaskan percobaan, sedangkan Liverpool sepuluh kali dengan lima diantaranya tepat sasaran.

Liverpool mengambil inisiatif untuk menyerang lebih awal, Coutinho dan Sadio Mane menjadi motor serangan Si Merah. Kecepatan Mane di sisi sayap kanan beberapa kali harus dihentikan bek City, Nicolas Otamendi, dengan cara ilegal.

Sampai menit kesepuluh, City lebih banyak melakukan serangan dari sisi sayap kanan. Kevin De Bruyne beberapa kali berusaha mengirimkan umpan silang yang masih dengan mudah diantisipasi barisan belakang Si Merah.

City dapat peluang bagus membuka keunggulan di menit ke-20. Berawal dari bola sepakan Leroy Sane di dalam kotak penalti yang diblok Simon Mignolet, bola rebound langsung disambar David Silva. Tetapi, bola sepakan kaki kirinya masih menyamping tipis.

Memasuki menit ke-30 kedua tim masih terus mencari celah mencetak gol. Pergerakan Sane di sisi kanan pertahana Liverpool cukup menjanjikan, tetapi kerap gagal dimaksimalkan rekan-rekannya.

Joel Matip menganggetkan publik tuan rumah saat sundulannya hampir saja menjadi gol di menit ke-37. Begitu juga peluang Adam Lallana di menit ke-41 yang masih bisa ditinju Willy Cabalero. Skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, The Reds langsung menggebrak. Umpan Lallana berhasil diterima Mane yang kemudian melepaskan sepakan, tetapi bola bisa diblok pemain belakang City.

Menit ke-50 Liverpool dapat penalti. Pelanggaran Gael Clichy kepada Roberto Firmino yang dalam kondisi menguntungkan usai menerima umpan panjang Emre Can membuatnya dihadiahi kartu kuning.


James Milner yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, bola ia arahkan ke sisi kanan bawah gawang sedangkan Cabalero bergerak ke arah berlawanan. 0-1 Liverpool memimpin.

Unggul satu gol membuat Liverpool nyaman mengendalikan tempo permainan. Bahkan, tim tamu hampuir saja menggandakan angka di menit ke-61. Caballero menggagalkan upaya Firmino yang lolos dari jebakan offside.

City bukan tanpa peluang. Kesempatan didapat Sergio Aguero di menit ke-68. Meneruskan umpan diagonal David Silva, sepakan Aguero masih menyamping.

Semenit berselang, Aguero benar-benar mencetak gol ke gawang Liverpool. Umpan silang mendatar dari De Bruyne di sisi kanan mampu dibelokkan dengan sempurna oleh Aguero yang sempat mendapat pengawalan bek Liverpool. Skor imbang 1-1.

Tuan rumah hampir berbalik unggul di menit ke-76. Aguero sempat terjatuh di depan gawang Liverpool saat berusaha menjangakau umpan rekannya, bola liar dikontrol De Bruyne yang kemudian melepaskan sepakan sambil berbalik badan, tetapi bola membentur tiang gawang.

Peluang tak kalah bagus juga didapat Liverpool di menit ke-81. Menerima umpan dari Firmino di area penalti, sontekan Lallana malah tidak berbuah gol padahal dia berada di ruang cukup bebas.

Di masa injury, Aguero menyia-nyiakan kesempatan untuk membalikkan keadaan. Sepakannya dari posisi ideal masih gagal dikonversi jadi gol. Hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-1 tak berubah.

Hasil tersebut tidak mengubah posisi kedua tim di tabel klasemen sementara, City di peringkat tiga dengan nilai 57 atau hanya unggul satu poin dari Liverpool di urutan empat.

Susunan Pemain

Manchester City:
Willy Caballero, Gael Clichy, Nicolas Otamendi, John Stones, David Silva, Yaya Toure (Bacary Sagna 65'), Fernandinho, Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, Leroy Sane, Sergio Aguero

Liverpool: Simon Mignole, Ragnar Klavan, Nathaniel Clyne, Joel Matip, James Milner, Georginio Wijnaldum, Adam Lallana, Philippe Coutinho (Divock Origi 73'), Emre Can, Roberto Firmino (Lucas Leiva 89'), Sadio Mane
#liga inggris #man city #liverpool
BERITA TERKAIT
Liverpool Siapkan Tawaran untuk Gelandang Arsenal
Rekrut Salah Keputusan Cerdas Liverpool
Liverpool Terus Pantau Bintang Muda Schalke
Rekrutan Baru Man City Jelaskan soal Cederanya
Salah Belum Cukup Bawa The Reds Hapus Dahaga Gelar
Salah Rekrutan yang Tepat bagi Liverpool
Mignolet: Liverpool Haus Gelar

ke atas