TEKNOLOGI

Senin, 20 Maret 2017 | 20:20 WIB

Inilah Portal Karier untuk Generasi Milennials

Ibnu Naufal
Inilah Portal Karier untuk Generasi Milennials
(ist)


INILAHCOM, Jakarta - Generasi muda atau yang biasa disebut 'millennials' di Indonesia saat ini seringkali kebingungan saat harus memilih pekerjaan, perusahaan, dan industri yang paling sesuai dengan mereka.

Kebanyakan hanya mengikuti saran orang tua atau pilihan yang populer di lingkungan pergaulan. Akhirnya, banyak yang merasa tidak bahagia dan tidak produktif di tempat kerja karena mengambil keputusan karier yang salah.

Atas dasar inilah Rangga Husnaprawira, ex-Expansion Team Uber Jakarta dan Bali, pada 2016 lalu mendirikan Bukapintu.co, sebuah portal edukasi karier untuk anak muda Indonesia.

Ada istilah misemployment is the new unemployment. Masalah yang ada saat ini bukan hanya pengangguran, melainkan juga orang-orang yang tidak cocok di pekerjaannya. Faktornya ada banyak, misalnya ketidaksesuaian antara skill yang dimiliki dengan posisi yang ditempati, atau ketidaksesuaian kepribadian dan nilai-nilai dengan budaya perusahaan.

Bayangkan, kita menghabiskan setidaknya hampir 80% waktu kita di pekerjaan. Kalau ribuan hingga jutaan orang salah mengambil langkah karier, secara kolektif produktivitas dan kebahagiaan masyarakat tidak optimal, ujar Rangga dalam siaran persnya kepada INILAHCOM, Senin (20/3/2017).


Sebagai portal edukasi karier, Bukapintu rutin menerbitkan artikel mulai dari langkah-langkah mengidentifikasi potensi diri, tips melamar kerja seperti cara membuat CV dan mengikuti wawancara kerja, hingga tips agar sukses di pekerjaan.

Selain itu, Bukapintu juga banyak memuat opini dari rekruter dan kisah-kisah sukses perjalanan karier anak muda Indonesia.

"Misi besar kami adalah membantu millennials membuat keputusan karier yang matang, tidak hanya karena mengikuti saran orangtua atau teman. Ke depannya, kami akan mengembangkan lebih banyak konten dalam format video, bekerjasama dengan teman-teman rekruter dan perusahaan," jelas Rangga.

Bukapintu merupakan salah satu startup yang masuk dalam dalam program akselerasi dari GnB Accelerator Batch Kedua. Program GnB Accelerator sendiri merupakan program akselerasi kerjasama antara Fenox VC dan Infocom Corporation.

Program yang berjalan selama tiga bulan ini menawarkan mentorship (bimbingan), support (dukungan), training (pelatihan), dan funding (pendanaan).
#postal #karier #bukapintu
BERITA TERKAIT
Pilihan Material Bangunan untuk Rumah Tahan Gempa
Daihatsu Dress-up Challenge 2017 Tiba di Mataram
Sel Jantung Manusia Ditumbuhkan pada Daun Bayam
Wikileaks: CIA Bisa Tembus iPhone Baru
Samsung Galaxy Note 7 Akan Kembali Beredar
Samsung Z4 Lolos Uji Sertifikasi di AS
Casio Rilis Android Wear Outdoor Edisi Terbatas

ke atas