TEKNOLOGI

Selasa, 21 Maret 2017 | 07:30 WIB

Pesawat Kargo SpaceX Kembali Mendarat di Bumi

Pesawat Kargo SpaceX Kembali Mendarat di Bumi
(Foto: istimewa)
INILAHCOM, New York - Pesawat kargo SpaceX, yang bisa digunakan kembali, mendarat di Samudra Pasifik dengan selamat pada Minggu (19/3/2017) waktu setempat.

Pendaratan ini engakhiri misi untuk menyuplai astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS, kata perusahaan itu.

Kapsul Dragon --satu-satunya pesawat yang mampu membawa kembali sampel riset dan material lain ke Bumi-- tetap menempel di ISS selama hampir sebulan setelah mengirim lebih dari dua ton makanan, air dan perlengkapan ilmiah untuk NASA pada 23 Februari lalu.


Sebelum keberangkatannya, para awak mengisi pesawat kargo dengan perlengkapan lama, sampah dan hampir 2.000 kilogram sampel riset dari percobaan yang dilakukan dalam kondisi mikrogravitasi di ISS.

Dilepas oleh lengan robot ISS pukul 0900 GMT, kapsul tersebut melakukan perjalanan selama lebih dari enam jam untuk kembali ke Bumi, mendarat di pantai Meksiko tepat sebelum pukul 1600 GMT, penurunan finalnya diperlambat oleh tiga parasut raksasa.

"Hari ini kita mengucapkan selamat tinggal kepada #Dragon! cuit astronaut asal Prancis Thomas Pesquet, satu dari enam anggota kru yang tiba di ISS pada November tahun lalu.

"Dia membawa sebagian dari kami ke Bumi dengannya -- sampel-sampel ilmiah penting, sebagian dari kru!" katanya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.
#SpaceX #ISS
BERITA TERKAIT
Elon Musk Siap Kirim Tesla Merahnya ke Mars
Bagaimana Cara Menyantap Pizza di Luar Angkasa?
Paket Bundel 12 Game Street Fighter
Rekap Pencarian Teratas di Google Sepanjang 2017
GoToMalls.com dan PayPro Luncurkan Produk E-Wallet
Bukalapak Kembali Rilis 7 Produk Baru Reksa Dana
Kolaborasi VibiCloud Dorong Pemanfaatan Cloud

ke atas