EKONOMI

Senin, 20 Maret 2017 | 21:01 WIB

Menkeu : Indonesia Siap Terapkan AEoI

M Fadil Djailani
Menkeu : Indonesia Siap Terapkan AEoI
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)


INILAHCOM, Jakarta -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo baru saja menghadiri pertemuan G-20Finance Minister and Central Governors Meetingdi Jerman.

Di acara tersebut, Menkeu Sri menegaskan kesiapan Indonesia sebagai anggota G-20 untuk berpartisipasi dalam kerja sama pertukaran informasi perpajakan otomatis atauAutomatic Exchange of Information(AEoI) pada 2018 mendatang.



Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, kerja sama bidang perpajakan internasional ini penting untuk mengatasi penghindaran pajak, salah saturnya terkaitBase Erosion and Profit Shifting(BEPS).

"Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 secara bulat menyepakati agar program AEOI dan BEPS sepenuhnya diimplementasi mulai September 2017, dan selambat-lambatnya pada September 2018," kata Menkeu Sri seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan, Senin (20/03/2017).


Menkeu Sri berharap dengan implementasi program kerjasama tersebut, 'loophole' bagi praktek-praktek penghindaran pajak internasional dapat dihilangkan.

"Serta tidak ada lagi negara yang menggunakan perbedaan sistem pajak untuk melakukan inovasi instrumen keuangan yang bertolak belakang dengan semangat BEPS dan AEoI," tandasnya.

Asal tahu saja, pemerintah melalui Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK) telah menitikberatkan pengarus-utamaan Automatic Exchange of Information (AEoI) sebagai salah satu langkah strategis untuk memperbaiki sistem pengelolaan informasi keuangan di Indonesia.

AEoI adalah pengiriman informasi tertentu mengenai wajib pajak pada waktu tertentu, secara periodik, sistematis dan berkesinambungan dari negara sumber penghasilan atau tempat menyimpan kekayaan, kepada negara residen wajib pajak.

Perbaikan sistem pengelolaan informasi keuangan ini akan membantu otoritas pajak untuk mencegah praktik penghindaran pajak.[lat]
#AEoI #srimulyani #diterapkan #2018
BERITA TERKAIT
Uang Lebaran Banyak Mengalir ke Jawa
Sri Mulyani Sebut Indonesia Masuk Genting Pajak
(AEoI Berlaku September) Sri Mulyani: Kalau Taat Pajak, Buat Apa Takut
Sadarkan WP Bandel, Ani Kutip Benjamin Franklin
Menkeu: Perekonomian Tetap Ada Ancaman
DPD Minta Target Ekonomi 2018 Lebih Tinggi
Sri Minta Kenaikan Anggaran Kemenkeu Rp4,9 T

ke atas