EKONOMI

Selasa, 21 Maret 2017 | 04:29 WIB

Ini Kado Spesial Airlangga untuk Industri

m fadil djailani
Ini Kado Spesial Airlangga untuk Industri
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (Foto: inilahcom)


INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Perindustrian tengah menyiapkan hadiah istimewa bagi para pelaku industri dalam negeri, baik skala kecil maupun padat karya. Apa kadonya?

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, kado besar tersebut berupa diskon pengadaan peralatan, serta diskon pajak.
"Termasuk insentif untuk diskon pengadaan peralatan, karena industri kecil dan menengah kan membutuhkan peralatan-peralatan produksi. Kemudian juga yang akan didorong adalah untuk industri padat karya berorientasi ekspor itu investment allowance ataupun fasilitas fiskal perpajakan. Di mana kita mengharapkan potongan perpajakan yang bisa digunakan untuk reinvestasi," papar Airlangga usai bertemu Menko Perekonomian Darmin Nasution di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin malam(20/03/2017).



Airlangga bilang, potongan-potongan diskon tersebut, masih akan dibicarakan lebih lanjut bersama dengan kementerian teknis. Yang terkait pajak tentu dirundingkan bersama Kementerian Keuangan. "Nah, potongan itu nantinya dibahas dengan kementerian teknis. Besarannya nanti akan dibahas dan ditentukan, dan itu kan harus dibahas di kementerian teknis," papar politisi Partai Golkar ini.


Tak hanya itu, kata Airlangga, pemerintah juga menyiapkan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) dalam hal mendapatkan bahan baku. Ini dilakukan untuk menghilangkan hambatan industri dalam memperoleh bahan baku. "Kemudian juga ketersediaan bahan baku. Ketersediaan bahan baku kan kita punya fasilitas kalau yang untuk ekspor ada semacam KITE, kemudian juga ada pooling bahan baku untuk industri kecil dan menengah ini bentuknya mungkin PLB. Beberapa itu kita bahas dan terutama nanti kita bahas sektor per sektor," paparnya.

Dengan kado spesial ini, Airlangga berharap, bisa mendorong masuknya investasi ke tanah air di sektor industri. Tentunya akan menjadi stimulus bagi pertumbuhan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja di dalam negeri. [ipe]

#menperinairlangga #industri #pajak #menkodarmin
BERITA TERKAIT
Bela Sawit RI, Darmin Siap Lobi Parlemen UE
Klaster Aluminium Inalum di Kaltara Terganjal PLTA
Sri Mulyani Sebut Indonesia Masuk Genting Pajak
(AEoI Berlaku September) Sri Mulyani: Kalau Taat Pajak, Buat Apa Takut
Sadarkan WP Bandel, Ani Kutip Benjamin Franklin
Industri Petrokimia Jerman Ingin Gas Bisa US$3,7
UKM Daerah Dukung Lelang Gula Kristal Rafinasi

ke atas