NASIONAL

Selasa, 21 Maret 2017 | 11:55 WIB

Ahli: Ahok Soal alMaidah Berdasarkan Pengalaman

Ivan Sethyadi
Ahli: Ahok Soal alMaidah Berdasarkan Pengalaman
(Foto: inilahcom//Pool/Ramdani/EC)


INILAHCOM, Jakarta - Ahli bahasa yang merupakan guru besar Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Rahayu Surtiati mengungkapkan ucapan Ahok soal jangan mau dibohongi pakai Surat Al-Maidah 51 berangkat dari pengalaman pribadi.

"Hal itu dilihat dari permulaan kalimat Ahok yang diucapkan 'saya mau cerita'" kata Rahayu saat bersaksi dalam sidang perkara dugaan penistaan agama di Kementerian Pertanian, Selasa (21/3/2017).

Pandangan Rahayu soal itu diungkapkan usai menjelaskan penggalan ucapan terdakwa Ahok yang berbunyi, "Jangan mau dibohongi pakai Surat Al-Maidah 51, macam-macam itu."


"Saya bukan ahli agama Islam, tapi menurut saya, Surat Al-Maidah 51, sebuah surat dalam Al-Quran, bukan merupakan kebohongan. Tetapi, orang bisa pakai apa saja untuk membohongi," ungkapnya.

Rahayu meneliti ucapan Ahok melalui video kunjungan kerja Ahok ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, dengan durasi satu jam 40 menit lebih.

Menurut Rahayu, ucapan Ahok dalam video kunjungan kerja tersebut menggunakan bahasa Indonesia dengan dialek Betawi. Sehingga, ada subjek atau objek yang tidak disebutkan ketika ucapan disampaikan secara lisan. [rok]
#PenistaanAgamaAhok
BERITA TERKAIT
Pengamat: Tindakan Ahok Baru Pertama Kali Terjadi
Djarot Ajak Warga Nilai Sisi Positif Ahok
Ahok Khawatir Aksi Ahoker Ditunggangi Penyusup
Ini Tindakan Veronica Usai Ahok Batal Banding
Inilah Pesan Ahok Ke Pendukungnya
Veronica Menangis Saat Baca Tulisan Tangan Ahok
Ahok Bisa jadi Gubernur di Daerah Lain

ke atas