NASIONAL

Selasa, 21 Maret 2017 | 11:55 WIB

Ahli: Ahok Soal alMaidah Berdasarkan Pengalaman

Ivan Sethyadi
Ahli: Ahok Soal alMaidah Berdasarkan Pengalaman
(Foto: inilahcom//Pool/Ramdani/EC)


INILAHCOM, Jakarta - Ahli bahasa yang merupakan guru besar Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Rahayu Surtiati mengungkapkan ucapan Ahok soal jangan mau dibohongi pakai Surat Al-Maidah 51 berangkat dari pengalaman pribadi.

"Hal itu dilihat dari permulaan kalimat Ahok yang diucapkan 'saya mau cerita'" kata Rahayu saat bersaksi dalam sidang perkara dugaan penistaan agama di Kementerian Pertanian, Selasa (21/3/2017).

Pandangan Rahayu soal itu diungkapkan usai menjelaskan penggalan ucapan terdakwa Ahok yang berbunyi, "Jangan mau dibohongi pakai Surat Al-Maidah 51, macam-macam itu."


"Saya bukan ahli agama Islam, tapi menurut saya, Surat Al-Maidah 51, sebuah surat dalam Al-Quran, bukan merupakan kebohongan. Tetapi, orang bisa pakai apa saja untuk membohongi," ungkapnya.

Rahayu meneliti ucapan Ahok melalui video kunjungan kerja Ahok ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, dengan durasi satu jam 40 menit lebih.

Menurut Rahayu, ucapan Ahok dalam video kunjungan kerja tersebut menggunakan bahasa Indonesia dengan dialek Betawi. Sehingga, ada subjek atau objek yang tidak disebutkan ketika ucapan disampaikan secara lisan. [rok]
#PenistaanAgamaAhok
BERITA TERKAIT
Ahli Agama: Auliya Bisa Berarti Teman Setia
Ahli Bahasa Tekankan Kata Pakai di Pidato Ahok
Djan Faridz Kritik Berita Soal Sidang Ahok
Ahli Sebut Ucapan Ahok Hanya Perumpamaan
Ahli Sebut Ahok Tidak Kampanye di Kepulauan Seribu
Tim Ahok: Mayoritas Jaksa Tak Temukan Unsur Pidana
Alasan Teman Ahok Dihadirkan di Persidangan

ke atas