EKONOMI

Jumat, 24 Maret 2017 | 13:23 WIB
Highlight

Luhut: Freeport Sebagai Penyewa, Kami yang Atur!

Uji Sukma Medianti
Luhut: Freeport Sebagai Penyewa, Kami yang Atur!
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaita (Foto: Inilahcom)
1


INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, menuturkan, pihaknya sudah mulai mendapatkan titik temu mengenai kelanjutan proses negosiasi dengan PT Freeport Indonesia (PTFI/Freeport).

"Kemarin Tony Wenas (Direktur Eksekutif Freeport) ke kantor, dan spiritnya akan bagus ke depan," ujar Menko Luhut di Kemenko Maritim Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Dia berujar, layaknya seorang penyewa rumah, apabila kontrak sewa rumah Freeport habis maka dia harus ikuti keinginan pemilik bila ingin melanjutkan kontraknya.


"Tahun 2021 kan (kontrak Freeport) selesai. Kalau mau ke aturan, ya kita nunggu tahun 2021. Kau (Freeport) kan sewa rumah kita. Ya opsinya kan boleh aja. Mau tinggal di rumah itu boleh saja, tapi jangan kamu yang ngatur kami, kami yang atur, tapi pikir kesetaraan,"ungkapnya.

Melalui analogi itu, Menko Luhut, mengingatkan, supaya pihak Freeport mengerti bahwa ada opsi untuk berargumen bila ingin bersikukuh pada keingin Freeport.

"Jadi supaya teman-teman Amerika tahu juga, bahwa kalau ada opsi kenceng-kencengan (adu argumen) dan sudah operasional sudah jalan, (Freeport) jangan banyak atur," ujarnya.
#freeport #wajibsmelter #iupk #jonanarchandra
BERITA TERKAIT
Wapres AS Datang, Izin Ekspor Freeport Beres
Kemendag: Freeport Sudah Bisa Ekspor Minggu Depan
Wapres Pence Ingin Bahas PTFI, Mendag Enggar Manut
Freeport Stop Ekspor, Neraca Dagang Tidak Goyang
Wapres AS Datang, Sekaligus Negosiasi Freeport?
Enggar: Tak Ada Pengajuan Ekspor dari Freeport
Tim Negosiasi Freeport Tunggu Restu Menteri Jonan

ke atas