PASAR MODAL

Senin, 27 Maret 2017 | 05:58 WIB
Highlight

IHSG Masih dalam Tren Positif

Wahid Ma'ruf
IHSG Masih dalam Tren Positif
(Foto: inilahcom)
1 2


INILAHCOM, Jakarta - IHSG pada awal pekan ini akan cenderung sepi dan bergerak dalam rentang terbatas di kisaran 5.540-5.585.

Menurut praktisi pasar modal, Stefanus Mulyadi Handoko, hal ini dikarenakan pada hari Senin ini merupakan harpitnas. Sebab hari Selasa bursa libur memperingati Hari Raya Nyepi. "Peluang IHSG melanjutkan penguatannya akan kembali terbuka jelang akhir pekan yang merupakan akhir perdagangan kuartal pertama tahun ini," katanya Minggu (26/3/2017).

Seiring dengan sentimen positif yang membayangi pasar modal domestik, IHSG diperkirakan masih akan terus melaju. Secara teknikal, kondisi IHSG masih terlihat kondusif dengan kecenderungan untuk bergerak positif. Stochastic kembali golden cross diarea overbought, sedangkan MACD masih bergerak naik diatas centreline.

Dari kondisi ini menunjukan bahwa IHSG masih dalam trend pergerakan menguat. IHSG berpotensi menembus keatas level 5.600 pada pekan ini, dengan resisten di 5.613. Sementara untuk level supportnya berada di 5.486.


Walaupun IHSG telah masuk fase uptrend, namun tetap perlu hati-hati dalam menerapkan strategi trading jangka pendek. Sebab tidak semua saham akan naik serempak, karena ada giliran kenaikan dari tiap-tiap saham.

Untuk itu dibutuhkan pengalaman dalam memilih saham mana yang akan bergerak naik. Tetap kontrol resiko dan lakukan safe trading sesuai dengan trading plans yang telah dibuat. Sementara bagi investor jika terjadi koreksi bisa dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi kembali, terutama pada saham-saham yang telah merilis laporan kinerja keuangan FY 2016 yang positif.

Pada pekan ini tidak ada data dan agenda ekonomi penting dari dalam negeri, selain menunggu rilis sisa laporan keuangan FY 2016 dari beberapa emiten yang belum di publish jelang batas akhir waktu pelaporan pada bulan Maret. Sementara dari dari luar negeri, beberapa data dan agenda kejadian ekonomi penting yang diperkirakan akan menjadi perhatian para investor.

Pada hari Senin, Rilis data iklim bisnis Jerman. Hari Selasa, Rilis data keyakinan konsumen AS. Hari Rabu, Rilis data persediaan minyak AS. Hari Kamis:, Rilis data kepercayaan konsumen Inggris, Rilis data inflasi Jerman, Rilis data GDP dan klaim penganguran AS. Hari Jumat, Rilis data inflasi dan tingkat pengangguran Jepang, Rilis data manufaktur China, Rilis data neraca perdagangan dan GDP Inggris, Rilis tingkat pengangguran Jerman.
#bursasaham #ihsg #dolarrupiah #dolar as
BERITA TERKAIT
IT British Airways Terganggu, Berapa Kerugiannya?
Inilah Catatan IHSG dalam Sepekan
OPEC Tetap Bebani Bursa Asia
Bursa Eropa Bergerak dalam Tekanan
IHSG Berakhir Hijau 0,23% ke 5.716
Minyak Mentah di Asia Masih Kecewa Hasil OPEC
Bursa Saham Eropa Masih Berpotensi Memerah

ke atas