GAYA HIDUP

Minggu, 02 April 2017 | 23:35 WIB

Kopi Khas Sumatra Selatan Ini Tak Kalah Menggoda

Aris Danu
Kopi Khas Sumatra Selatan Ini Tak Kalah Menggoda
(Foto: Ilustrasi)


INILAH.COM, Jakarta-Belakangan ini kopi dalam negeri tengah naik daun dan menjadi trend di seantero nusantara. Bahkan kopi premium menjadi minuman wajib bagi publik figur maupun tokoh politik.

Film Filosofi Kopi secara tidak langsung juga membuka mata bahwa kopi lokal khas nusantara tidak kalah nikmat dari kopi premium yang disebut-sebut impor.

Seperti halnya pengalaman Bobby Adhityo Rizaldi, politikus Partai Golkar yang menggemari minum kopi generasi ini. Bobby bahkan sempat menelusuri asal muasal biji kopi, bagaimana diproses dan disajikan dengan berbagai teknik seduh yang kompleks.

Anggota parlemen yang kini berkiprah di Komisi I DPR RI ini mengatakan, menyeduh kopi memiliki kenikmatan dan kepuasan tersendiri. Dalam sehari, minimal 2-4 cangkir kopi ia nikmati disela-sela aktivitas.


"Saya di rumah setiap pagi pasti ritual minum kopi bikinan sendiri, mulai dari giling biji sampai diseduh," katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Bobby mengatakan, salah satu kopi Indonesia yang ia sukai berasal dari Sumatra Selatan yang terkenal dengan penghasil biji kopi arabica dan robusta pilihan. Sayangnya, kopi khas Sumatra Selatan itu belum banyak dikenal oleh kalangan penikmat kopi premium.

"Kopi Sumsel yang saya sukai diantaranya berasal dari Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, dan Kota Pagaralam di Sumatera Selatan, merupakan salah satu kopi terbaik dunia dari Sumatera dengan aroma khas kopi yang kuat," tandasnya.

Lebih lanjut Bobby berharap, kopi Sumatera Selatan bisa dikenal lebih luas di Indonesia maupun mancanegara seperti kopi halnya Aceh Gayo, Toraja, Mandailing, yang sekarang sudah mendunia. [adc]
#kopi #khas sumatra selatan
BERITA TERKAIT
Cara Alami Hilangkan Stretch Mark di Kulit
Jahe Sangat Bermanfaat untuk Kulit dan Rambut
Berjalan di Pagi Hari Dapat Kuatkan Otak
Ini Masalah Fisik yang Datang Ketika Menstruasi
Menstruasi Dapat Membuat Psikologis Wanita Berubah
Nina Nikicio Pamer Koleksi Monokrom
Cegah Obesitas Sebelum Terlambat

ke atas