GAYA HIDUP

Selasa, 11 April 2017 | 13:50 WIB
(Angkat Desain Modest Wear)

Inilah Perjuangan Desainer Muda Asal SMK

Mia Umi Kartikawati
Inilah Perjuangan Desainer Muda Asal SMK
(Foto: Inilahcom/Mia Kartikawati)


INILAHCOM, Jakarta - Dua desainer muda dari bran ternama Zelmira, yaitu Risa Maharani dan Rania mengungkapkan kisah perjuangannya meniti karir di dunia industri fashion Indonesia.

Dua desainer tersebut masih duduk di bangku SMK NU Banat kelas dua. Kegigihan mereka menuangkan ide - ide desain bermula dari hobi menggambar sketsa. Hasilnya, mereka terpiih dari sekian puluh anak SMK untuk menggelar pameran fashion pada ajang Asias Fashion Spotlight, di Hongkong.

Baru - baru ini, Zelmira memiliki kesempatan untuk memamerkan hasil karya busana muslim di ajang fashion show Muslim Fashion Festival 2017 yang digelar akhir pekan lalu.

Dua desainer muda Zelmira yakni Risa Maharani dan Rania mendapat tepuk tangan meriah dari pengunjung ketika mereka tampil di runway di akhir fashion show. Buket bunga sebagai tanda apresiasi diberikan oleh National Chairman Indonesia Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma kepada dua anak muda ini.

Apresiasi yang meriah itu tak lepas dari kualitas desain dari koleksi yang dipamerkan Risa dan Rania di ajang yang menjadi poros busana muslim Tanah Air tersebut. Apalagi, keduanya masih sangat belia. Risa yang duduk di kelas XII masih berusia 17 tahun, sedangkan Rania lebih muda lagi yaitu 16 tahun dan masih kelas XI. Keduanya merupakan siswi dari SMK NU Banat, Kudus, Jawa tengah.

Adapun SMK NU Banat merupakan salah satu SMK binaan Djarum Foundation sejak tahun 2013 melalui program pengembangan kualitas pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK).


"Aku tidak pernah bermimpi hingga mendapat kesempatan seperti ini. Dahulu saya hanya hobi menggambar desain busana. Ketika ikut kompetisi, akhirnya desain saya masuk dalam kategori untuk perwakilan SMK dan tampil di Hongkong. Semua tidak pernah terbayang sebelumnya," kata Rania saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, baru - baru ini.



Rania menambahkan, sudah sejak awal masuk SMK, memang benar - benar berniat ikut sekolah fashion. Karena, masih menurut Rania, dia memiliki ketertarikan khusus terhadap dunia fashion. Pada sekolah tersebut, terutama saat sebelum mengikuti acara fashion di Hongkong, Rania dan Risa mendapatkan banyak ilmu tentang proses produksi dari sebuah karya busana hingga dapat dipamerkan.

"Kalau saya benar-benar kerasa saat fashion show di Hongkong (Asias Fashion Spotlight 2016). Jadi ketika masuk sekolah, enggak kepikiran sampai sejauh ini. Di Hongkong itu kami bawa 80 koleksi dan show di dua tempat. Buyer pada tanya soal bahannya apa, pokoknya detail banget. Di situ saya baru tahu, kalau keinginan orang itu berbeda-beda, bukan cuma dari segi desain tapi juga dari sisi bahan," tambah Rania.

Kini, bran Zelmira semakin mengembangkan sayap. Meski baru rencana, Rania mengungkapkan adanya keinginan untuk ikut dalam gelaran fashion ternama di Paris, Prancis.

"Belum tahu jadi atau tidak, tetapi kami sudah membicarakan tentang fashion show di Eropa, Paris. Doakan saja," papar Rania sambil tersenyum dan berharap.(tka)
#desainer #muda
BERITA TERKAIT
Cara Alami Hilangkan Stretch Mark di Kulit
Jahe Sangat Bermanfaat untuk Kulit dan Rambut
Berjalan di Pagi Hari Dapat Kuatkan Otak
Ini Masalah Fisik yang Datang Ketika Menstruasi
Menstruasi Dapat Membuat Psikologis Wanita Berubah
Nina Nikicio Pamer Koleksi Monokrom
Cegah Obesitas Sebelum Terlambat

ke atas